Winamp Luncurkan Versi Terbaru, Siap Bangkit?

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 15:30 WIB
Winamp baru saja meluncurkan versi terbarunya setelah empat tahun hiatus. Winamp bangkit dari kubur setelah tak lagi menjadi pilihan untuk memutar musik. Foto: iStockphoto/brightstars
Jakarta, CNN Indonesia --

Winamp kabarnya akan kembali setelah sembilan tahun tidak lagi menjadi pemutar musik khayalak ramai. Sejumlah pembaruan pun disematkan pada Winamp versi 5.9 RC1 build 9999 yang sudah bisa diunduh tersebut.

Winamp sebelumnya menghentikan pengembangan aplikasi sejak versi 5.666 yang dirilis pada 2013. Mereka lalu merilis Winamp 5.8 pada 2018.

Kemudian pada November 2021, situs Winamp menerima pembaruan dengan logo teranyar dan fitur Sign Up (masuk) agar pengguna mendapat notifikasi kapan versi baru keluar. Kini, versi yang ditunggu-tunggu itu telah muncul.

Melansir Tech Radar, inisial RC merupakan kepanjangan dari Release Candidate (kandidat untuk dirilis). Pasalnya, masih ada sejumlah fungsi-fungsi yang harus masih diuji dan masalah yang harus diselesaikan.

Versi RC1 ini keluar setelah melalui empat tahun pengembangan. Tidak ada banyak perubahan pada versi RC 1 ini, namun para pengembang ingin memperbarui kode yang digunakan dari Visual Studio 2008 ke Visual Studio 2019.

Alhasil, pembaruan itu membuat Winamp tak lagi bisa berjalan di Windows XP dan Vista. Paling tidak, pengguna harus memiliki Windows 7 SP1 untuk menjalankannya.

Mengutip PCGamer, pengguna yang ingin menginstal aplikasi Winamp bisa mengunjungi situs https://forums.winamp.com/. Pengguna hanya perlu mengunduh file instalasi yang dibutuhkan sebelum memasang Winamp di komputer.

Winamp merupakan aplikasi pemutar musik yang populer sebelum era streaming. Aplikasi tersebut biasa memutar musik dengan format MP3.

Sayangnya, lagu-lagu tersebut kebanyakan diunduh oleh pengguna lewat situs tak resmi alias bajakan. Kini, peran Winamp untuk memutar musik telah digantikan aplikasi semisal Spotify, Joox, dan Apple Music.

[Gambas:Video CNN]

(lth/lth)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER