Detik-detik Menegangkan Baju Kosmonaut Rusak

CNN Indonesia
Kamis, 18 Agu 2022 11:11 WIB
Kosmonaut itu diperintahkan kembali ke airlock setelah dia melaporkan fluktuasi tegangan pada daya baterai di pakaian antariksa. Ilustrasi. Baju kosmonaut Rusia mengalami kerusakan daya. (Foto: AP/Andy Wong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Misi spacewalk seorang astronaut Rusia di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) terpaksa dihentikan setelah baju kosmonautnya kehilangan daya pada Rabu (17/8).

Pusat Kontrol Misi Moskow memerintahkan komandan Ekspedisi 67 Oleg Artemyev kembali ke airlock setelah dia melaporkan fluktuasi tegangan pada daya baterai di pakaian antariksa.

"Lepaskan semuanya dan mulai kembali segera!" ujar Vladimir Solovyov, mantan kosmonaut dan direktur penerbangan untuk segmen stasiun ruang angkasa Rusia dalam komunikasi radio ke Artemyev selama perjalanan ruang angkasa, seperti dikutip Express.

"Oleg, kembali dan sambungkan ke pembangkit listrik," imbuhnya.

Meski Artemyev tidak berada dalam bahaya, jika daya pakaian antariksanya habis sepenuhnya, maka ia juga akan kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi dengan sesama penjelajah ruang angkasa, Denis Matveev, dan pusat penerbangan di Bumi sampai ia dapat menyambungkan kembali ke catu daya di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

"Saya mendengar dan mengerti," kata Artemyev saat dia mulai berjalan kembali ke airlock di sisi yang menghadap ruang angkasa dari modul penelitian mini Poisk di mana dia dan Matveev memulai perjalanan luar angkasa mereka pada 09:53 EDT atau sekitar 20.53 WIB.

"Saya pikir kami membutuhkan beberapa panel surya di Orlans sehingga kami dapat mengisi ulang selama [aktivitas ekstravehicular]," tambah Artemyev setelah memasuki kembali airlock.

Aktivitas spacewalk tersebut belangsung selama hampir dua setengah jam dari rencana sebelumnya selama 6,5 jam.

Artemyev dan Matveev bekerja untuk perusahaan luar angkasa federal Rusia Roscosmos. Mereka dikirim ke luar stasiun untuk melengkapi program lengan robot Eropa(ERA) yang telah diluncurkan ke orbit pada Juli 2021.

Sebelum misi mereka dihentikan, Artemyev dan Matveev telah berhasil memasang dua kamera di area siku pada lengan robot.

Kedua kosmonaut itu juga telah ditugaskan untuk memindahkan panel kontrol eksternal untuk lengan dari satu area operasi ke area lain dan menguji mekanisme kekakuan pada lengan yang akan digunakan untuk memfasilitasi proses penangkapan muatan.

Kini misi-misi tersebut terpaksa ditangguhkan dan dilanjutkan dalam misi spacewalk berikutnya.

Setelah dikonfigurasi sepenuhnya, nantinya lengan robot itu akan digunakan untuk memindahkan muatan dan peralatan di luar segmen stasiun ruang angkasa Rusia.

ERA yang disediakan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA) bergabung dengan lengan robot Canadarm2 buatan Kanada dan lengan Kibo Jepang yang telah mendukung pemeliharaan, operasi, serta penelitian di bagian luar kompleks yang mengorbit.

Setelah menunggu lengan robot dimanuver ke konfigurasi yang baru, Matveev bergabung dengan Artemyev kembali ke dalam airlock, menandai berakhirnya perjalanan mereka.

Spacewalk selesai pada 13:54. EDT atau pada 00.54 WIB hari berikutnya. Artinya, misi ini menghabiskan total 4 jam dan 1 menit setelah dimulai.

Ini adalah perjalanan luar angkasa ketujuh untuk tahun ini dan yang ke-252 dalam melakukan perakitan, peningkatan, dan pemeliharaan Stasiun Luar Angkasa Internasional sejak 1998.

Artemyev sendiri telah melakukan spacewalk sebanyak tujuh kali dan mencatat 45 jam dan 45 menit bekerja di ruang hampa udara. Sementara Matveev tercatat telah melakukan spacewalk sebanyak tiga kali dengan total waktu 18 jam dan 20 menit, , seperti dikutip Space.

(lom/mik)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER