TV Analog di Jakarta Batal Dimatikan Hari Ini

CNN Indonesia
Kamis, 25 Agu 2022 13:41 WIB
Sebelumnya Analog Switch Off (ASO) untuk Jakarta dan sekitarnya dikatakan siap dilakukan pada 25 Agustus, namun belakangan diketahui ternyata tidak jadi. Sebelumnya Analog Switch Off (ASO) untuk Jakarta dan sekitarnya dikatakan siap dilakukan pada 25 Agustus, namun belakangan diketahui ternyata tidak jadi. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) wilayah Jakarta tidak dilaksanakan pada hari ini, Kamis (25/8).

Sebelumnya wilayah Jakarta disebut akan melaksanakan ASO pada 25 Agustus 2022, sesuai jadwal tahap kedua pelaksanaan yang sudah ditetapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Namun dalam perkembangannya program ini tidak jadi dilakukan di waktu tersebut.

"Tidak menyebut tanggal [25 Agustus ASO di Jabodetabek]," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, seperti dikutip detikcom.

Migrasi TV analog ke TV digital sebelumnya direncanakan akan dilaksanakan dalam tiga tahap yang terdiri dari ASO Tahap 1 pada 30 April, ASO Tahap 2 pada 25 Agustus, dan puncaknya ASO Tahap 3 pada 2 November 2022. Namun Kominfo mengubah rencana tersebut menjadi multiple ASO.

Pada Jumat (19/8), Johnny menjelaskan multiple ASO adalah metode pelaksanakaan suntik mati TV analog secara paralel di beberapa wilayah hingga batas akhir program ini pada 2 November 2022.

Pelaksanaan ASO di wilayah-wilayah tersebut nantinya akan mengacu pada kesiapan wilayah mengeksekusi ASO.

Adapun kriteria yang dijadikan acuan untuk pelaksanaan ASO, di antaranya adalah kesiapan infrastruktur siaran TV digital serta kesiapan masyarakat untuk menonton siaran TV digital.

"Maka dari itu tahapan ASO yang sebelumnya yang semula dibagi menjadi 3 tahapan, diubah menjadi multiple ASO, di mana ASO dilakukan dengan memperhatikan kesiapan infrastruktur siaran televisi digital sebagai pengganti siaran TV analog dan kesiapan masyarakat untuk menonton siaran televisi digital," ujar Geryantika Kurnia, Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kominfo.

Meski tak jadi dilaksanakan pada hari ini, Gery menyebut ASO di wilayah Jabodetabek akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Rencana berikutnya ASO akan dilakukan di wilayah Jabodetabek yang akan diumumkan dalam waktu dekat," tuturnya.

Program ASO yang direncanakan rampung sepanjang 2022 beberapa kali menuai kebingungan. Pada tahap 1, rencana suntik mati TV analog di 56 wilayah siaran dengan total 166 kota dan kabupaten tidak terlaksana dan hanya berlangsung di 8 kota dan kabupaten.

Kemudian menjelang ASO tahap 2, Kominfo mengubah metode penerapan ASO yang semula dibagi dalam tiga tahap menjadi Multiple ASO. Sementara pada laman situs Kominfo masih terdapat hitung mundur ASO yang terbagi dalam 3 tahap.

Sebelumnya, Peraturan Pemerintah (PP) nomor 46 tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran yang terkait dengan sistem sewa slot siaran TV digital juga dibatalkan oleh Mahkamah Agung. Namun Kominfo belum menjelaskan bagaimana sistem yang diterapkan untuk menggantikan sistem sewa tersebut.

(lom/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER