Membandingkan Sisi Keamanan Apple vs Android, Mana yang Terbaik?

tim | CNN Indonesia
Jumat, 09 Des 2022 12:00 WIB
Sistem keamanan Apple vs Android mungkin masih sering dijadikan bahan perbandingan. Simak kelebihan dan kekurangan kedua perangkat ini. Ilustrasi. Membandingkan sistem keamanan Apple vs Android (Foto: dok. Samsung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sistem keamanan Apple vs Android mungkin masih sering dijadikan bahan perbandingan. Terlebih kedua perangkat ini memiliki pangsa pasar terbesar di dunia.

Menurut hasil analisis data yang dilaporkan Canalys, Apple dan Android menduduki puncak pasar smartphone di 2022.

Di posisi pertama sesuai data pangsa pasar kuartal kedua, Samsung memiliki 21 persen pengiriman smartphone. Urutan keduanya ada Apple dengan angka pengiriman 17 persen.

Sementara di urutan ketiga hingga kelima, ada beberapa perangkat Android lain seperti Xiaomi 14 persen, OPPO 10 persen, dan Vivo 9 persen.

Keamanan Apple vs Android

iphone 12Ilustrasi. Membandingkan sistem keamanan Apple vs Android (Foto: Tangkapan layar web apple.com)

Meski penjualan kedua perangkat ini cukup tinggi, bagaimana dengan sisi keamanan Apple vs Android ini? Berikut penjelasannya.

Seiring kemajuan teknologi, serangan siber juga berpotensi tinggi. Supaya terhindar dari bentuk kejahatan ini, penting untuk memilih sistem operasi seluler (OS) yang paling andal.

1. Soal keamanan data

Menurut hasil survei dari yang dilakukan Beyond Idendity, 75 persen pengguna Apple merasa puas dengan kinerja ponselnya yang efektif menjaga keamanan data.

Sementara itu, 55 persen pengguna Android juga puas dengan sistem keamanannya, karena mereka dapat memulihkan data yang sebelumnya hilang.

2. Sistem pembaruan

Antara Apple dan Android, keduanya punya sistem pembaruan yang konsisten. Mengutip Clario, sistem Android OS 12 menjadi pembaruan dengan fitur keamanan tingkat tinggi.

Sementara pada Apple, iOS 5 dinilai memiliki sistem pembaruan paling aman karena rentan terhadap peretasan dibandingkan iOS 11.

3. App Store vs Google Play Store

Edmonton, Canada - December 2, 2013 - A close-up shot of a Google Play gift card, sitting isolated on a white background. This gift card can be used towards the purchase of millions of books, songs, apps, and more from the Google Play store.Ilustrasi. Membandingkan sistem keamanan Apple vs Android, App Store vs Google Play Store (Foto: Istockphoto/Spauln)

Perusahaan keamanan siber Bitdefender pernah menemukan puluhan aplikasi berisi malware yang masuk ke Google Play Store. Namun, aplikasi bahaya itu sudah berhasil dihapus.

Dari kasus tersebut diketahui bahwa sistem pengawasan di toko aplikasi resmi Android masih perlu pembaruan supaya lebih aman.

Di sisi lain, Apple selalu memeriksa aplikasi dengan cermat menggunakan program peninjauan. Jika hasil peninjauan pada aplikasi aman, maka baru bisa masuk ke App Store.

4. Sistem OS untuk melacak jaringan dan lokasi

Sejak iOS 12 dirilis, sistem pada Apple dapat menjaga privasi perilaku penggunanya di internet sehingga lokasi mereka tidak mudah terdeteksi.

Begitu juga Android sistem perangkatnya sudah ketat bahkan pengguna dapat mengatur sendiri aplikasi mana saja yang bisa mendapat izin mendeteksi lokasi mereka atau tidak.

5. Fitur keamanan tambahan

Baik itu iOS pada Apple atau Android, keduanya menawarkan berbagai fitur keamanan yang mengesankan. Seperti perlindungan sidik jari hingga ID wajah.

Tak hanya itu, Apple dan Android sama-sama punya fitur keamanan tambahan seperti Find My Device, Find My iPhone, iCloud keychain, Google Play Protect, serta mode Lock Down.

Dari penjelasan di atas, antara sistem keamanan Apple vs Android memang punya keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Anda sebagai pengguna, silakan menentukan sendiri mana yang sistem keamanannya sesuai dengan kebutuhan, bisa itu Apple atau Android.

(avd/juh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER