Gandeng Investor Tiongkok, GM Bangun Pabrik Baru di Indonesia

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Jumat, 27/02/2015 12:12 WIB
Gandeng Investor Tiongkok, GM Bangun Pabrik Baru di Indonesia General Motors akan bermitra dengan Wuling Motors untuk membangun pabrik MPV baru di Tiongkok. (CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari)
Karawang, CNN Indonesia -- Menteri Perindustrian Saleh Husin mengungkapkan General Motors (GM) telah menyiapkan rencana bisnis baru dibalik penutupan pabrik Chevrolet Spin di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Menuturnya, prinsipal otomotif Amerika Serikat tersebut akan bermitra dengan Wuling Motors untuk membangun pabrik baru di Indonesia.

"Saya dengar pabrik yang di Pondok Ungu Bekasi akan ditutup, tapi di satu sisi juga GM kerjasama dengan Wuling dari China berencana melakukan investasi bangun pabrik baru di Bekasi atau Karawang," kata Husin, saat bertandang ke pabrik PT Suzuki Indomobil (PT SIM) di Tambun, Bekasi, Jumat (27/2).

Husin mengatakan pabrik baru yang akan dibangun GM senilai US$ 700 juta. Pabrik tersebut rencananya akan memproduksi MPV, dengan kapasitas awal ditargetkan 150 ribu unit.


"Saya harus ngecek lagi, tapi memang cukup besar di Indonesia, sekitar 150 ribu unit per awal tahunnya," katanya.

Menurutnya, pihak GM Indonesia sendiri sudah menemuinya pada bulan Januari lalu untuk menyampaikan rencana pembukaan pabrik baru tersebut. "Dan saat ini mereka sudah melakukan pembebasan lahannya," katanya.

Wuling Motors sendiri merupakan perusahaan otomotif gabungan (join venture) asal Tiongkok yang berdiri sejak tahun 2007 dan berkantor di kota Liuzu, Guangxi, Tiongkok. Di Tiongkok sendiri perusahaan tersebut memproduksi MPV, bus besar, truk dan alat-alat mesin lainnya. (ags/ags)