Ahok: Jakarta Great Sale 2015, Ajang UKM Unjuk Gigi

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Sabtu, 11/04/2015 10:30 WIB
Ahok: Jakarta Great Sale 2015, Ajang UKM Unjuk Gigi Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menemui Gerakan masyarakat PIJAR INDONESIA di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 3 Maret 2015. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Festival Jakarta Great Sale 2015 yang akan diselenggarakan pada 6 Juni hingga 12 Juli 2015 mendatang diharap menjadi wadah berjualan bagi para pengusaha usaha kecil dan menengah di Indonesia, khususnya Jakarta.

Harapan tersebut disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sesaat setelah membuka acara jamuan makan malam dengan para pengusaha dan panitia FJGS 2015 di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/4) malam.

"Kita harap produk-produk lokal kita yang kreatif, UKM kita (di bidang) fashion, produk makanan, kemudian produk-produk lain terutama pakaian itu bisa mengisi pasar (FJGS 2015)," ujar Ahok.


Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan lebih lanjut bahwa FJGS 2015 dapat menjadi ajang kerjasama yang bagus antara para pemilik UKM dengan pusat perbelanjaan di Jakarta dalam menyambut era keterbukaan pasar tahun ini.

Penyelenggaraaan FJGS 2015 juga ditargetkan dapat menarik minat dan perhatian para turis asing agar bersedia datang ke Ibukota pada tahun ini. Apalagi, menurut Ahok, jumlah pusat perbelanjaan yang banyak di Jakarta telah menjadi satu daya tarik sendiri bagi wilayah Ibukota, jika dapat dimaksimalkan keberadannya.

"Kita sekarang bicara menghadapi pasar global. Nah orang Indonesia juga tidak perlu ke luar negeri untuk belanja. Minimal, orang luar negeri tuh minat ke Jakarta. Ada 77 mall besar di Jakarta loh. Kalau kita punya transportasi bagus, dapat memberi diskon pajak, ini bisa jadi wisata belanja loh Jakarta," kata Ahok.

"Jakarta tuh wisata belanja dan makannya yang luar biasa sebetulnya. Makanya kita sangat mendukung (penyelenggaraan FJGS 2015)," ujar Ahok.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar program tahunan Festival Jakarta Great Sale 2015 (FJGS) dalam rangka menyambut perayaan HUT ibu kota negara ke-488. Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta kembali dipercaya sebagai pelaksana perhelatan ini untuk ke-tujuh kalinya.

"Tentunya kegiatan ini akan melibatkan banyak bisnis dari mulai pengusaha pusat belanja, peritel dan UKM (Usaha Kecil Menengah) tentu akan terlibat," ungkap Ketua Pelaksana FJGS 2015 Ellen Hidayat dalam acara jamuan makan malam bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta, Jumat (10/4).

Diharapkan, tahun ini transaksi yang terjadi dapat mencapai Rp 14,3 triliun atau meningkat 10 persen dari total transaksi tahun lalu yang mencapai Rp 13 triliun. Hal tersebut didukung oleh periode pelaksanaan FJGS yang bersamaan dengan masa liburan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. (gir)