Lewat Gerindra, Sandiaga Uno Ingin Ajarkan Ekonomi Wirausaha

Giras Pasopati, CNN Indonesia | Rabu, 10/06/2015 14:13 WIB
Pengusaha Sandiaga Uno yang banting setir dari politisi Partai Gerindra. (Dok. Saratoga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri PT Saratoga Investama Sedaya Tbk Sandiaga Salahudin Uno telah resmi meninggalkan posisi manajerial perusahaan yang dirintisnya tersebut setelah rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) menyetujui pengunduran dirinya hari ini, Rabu (10/6).

Alasan pengunduran diri Sandiaga hanya satu, ingin fokus di bidang politik yang baru pertama kali digelutinya setelah resmi didapuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai salah satu kader baru.

“Saya mau liburan dulu dari aktivitas ekonomi dan mulai menyiapkan rencana kerja di bidang politik. Di politik saya ingin fokus di bidang ekonomi kerakyatan dan kewirausahaan. Mudah-mudahan bisa menginspirasi generasi muda,” ujar Sandi, sapaan akrabnya, di Jakarta, Rabu (10/6).


Sandi berharap keputusannya untuk mundur dari Saratoga dan 16 perusahaan lain tempat dirinya menjabat sebagai pimpinan adalah keputusan yang tepat.

“Saya ingin membantu dari sisi politik sehingga ekonomi negara menjadi lebih kuat. Partai telah meminta saya untuk menjadi pemateri dalam pelatihan kader,” tegas Sandi.

Sandi ingin tugas yang diembannya saat ini di bidang pendidikan kader muda Gerindra bisa mengajarkan politik yang mengedepankan etika.

“Politik tidak harus saling gergaji menggergaji untuk menjatuhkan, tetapi untuk membangun bangsa dan negara,” ucapnya.

Benturan Kepentingan

Terkait pengunduran dirinya dari dunia usaha, Sandi menyebut hal itu harus dilakukan untuk menghindari terjadinya benturan kepentingan antara bisnis dan politik.

“Saya harus mulai perubahan dan tradisi baru dengan tidak aji mumpung. Saya melakukan ini agar tidak ada benturan kepentingan antara bisnis dan politik,” imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut nama Sandiaga sebagai salah satu kader baru partai berlogo kepala Garuda tersebut bersama mantan politisi Partai Nasional Demokrat Rachmawati Soekarnoputri dan bekas Menteri Keuangan Fuad Bawazier.

"Sandiaga Uno adalah tambahan. Kalau di roket tentara itu ada isian tambahan. Nah, dia ini isian tambahan," kata Prabowo seraya menyatakan akan menempatkan Sandiaga sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra. (gen)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK