Garuda Batalkan 48 Penerbangan Hingga Pukul 19.30 WIB

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2015 15:14 WIB
Garuda Batalkan 48 Penerbangan Hingga Pukul 19.30 WIB Sejumlah pesawat milik maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (23/6). (Antara Foto/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk belum bisa memastikan sampai kapan pesawat-pesawatnya bisa diterbangkan dari dan menuju Surabaya. Berdasarkan informasi yang diterima perseroan, Bandara Internasional Juanda, Surabaya kemungkinan baru akan dibuka pada Kamis malam (16/7) pukul 19.30 WIB setelah erupsi Gunung Raung mereda.

M. Ikhsan Rosan, Pelaksana Harian Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia menjelaskan pihaknya terpaksa membatalkan 48 penerbangan dari dan ke Surabaya akibat penutupan sementara Bandara Juanda.  Menurutnya, 11 penerbangan di antaranya merupakan penerbangan rute Jakarta-Surabaya yang membawa sekitar 2.200 penumpang.

“Semua flight rata-rata full karena sudah H-1 lebaran,” kata Ikhsan ketika dihubungi oleh CNN Indonesia, Kamis (16/7).


Dengan dibatalkannya penerbangan tersebut, penumpang dapat meminta perubahan jadwal penerbangan (reschedule) ataupun pengembalian uang tiket (refund) di konter resmi Garuda.

“Kami mengimbau penumpang jangan ke bandara karena penerbangan dibatalkan terpaksa akibat bandara yang ditutup,” tuturnya.

Selain itu, Ikhsan juga mengimbau penumpang untuk segera mengubah rencana perjalananannya dari dan ke Surabaya dengan mencari alternatif moda transportasi lain.

“Penutupan Bandara Juanda kan diprediksi sampai pukul 20.20 WITA (19.20 WIB), tapi kami masih belum tahu apakah itu nanti akan diperpanjang,” kata Ikhsan.

Untuk penerbangan ke Malang, Ikhsan memastikan penerbangan Garuda tidak terganggu  meskipun Bandara Abdurahman Saleh, Malang, juga ditutup dari 14.30 WIB hingga pukul 20.30 WIB.

“Kalau yang ke Malang tidak ada masalah, karena dua pesawat sudah terbang tadi sebelum ditutup,” ujarnya.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada siang ini menutup sementara Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan Bandara Abdurahman Saleh, Malang, akibat persebaran abu vulkanik Gunung Raung, Jawa Timur. Penutupan keduanya berdasarkan Notice to Airmen (Notam) Nomor A1447/15 dan NOTAM Nomor C0552/15 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

“Untuk Bandar Udara Internasional Juanda ditutup sementara pukul 06.20 UTC atau 13.20 WIB hingga pukul 12.20 UTC atau 19.20 WIB,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata melalui keterangan resmi.

Sementara itu, lanjut Barata, Bandara Abdurahman Saleh saat ini juga ditutup sementara sejak pukul 07.30 UTC atau 14.30 WIB hingga pukul 13.30 UTC atau 20.30 WIB.

“Notam penutupan bandara ini akan terus diperbaharui menyesuaikan dengan kondisi nyata atas perkembangan penyebaran abu vulkanik terkait aktivitas Gunung Raung di Jawa Timur,” ujar  Barata. (ags/gen)




BACA JUGA