Demi Lebaran, Garuda Indonesia Siapkan 1,61 Juta Kursi

Deddy S, CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2015 21:17 WIB
Demi Lebaran, Garuda Indonesia Siapkan 1,61 Juta Kursi Pekerja kontrak merapikan jok kursi pesawat Garuda Indonesia di hangar Garuda Maintenance Facility, GMF AeroAsia, Tangerang, Banten, Rabu, 4 Maret 2015. Pemeriksaan berkala interior pesawat dilakukan untuk menjaga kenyamanan penumpang saat terbang. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan sebanyak 1,61 juta kursi pada masa liburan arus mudik dan arus balik Lebaran 2015 yaitu mulai tanggal 9 Juli hingga 27 Juli 2015. Jumlah tersebut meningkat 8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,49 juta kursi.

VP Corporate Communications Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan, untuk beberapa rute di dalam dan luar negeri yang mengalami permintaan peningkatan signifikan, Garuda Indonesia menambah kapasitas sebanyak 16.044 kursi yaitu pada rute-rute dari Jakarta menuju Denpasar, Padang, Surabaya, Jogjakarta, Singapura, Hongkong, Sydney dan Perth.

Penambahan kapasitas pada rute-rute tersebut di atas dilaksanakan melalui dua acara yaitu melalui pengoperasian pesawat yang lebih besar (bigger aircraft), serta melalui pelaksanaan extra flight. Dari total 16.044 kursi tambahan tersebut, Garuda Indonesia menyiapkan 10.620 kursi tambahan dari pengoperasian bigger aircraft serta 5.424 tambahan kursi melalui extra flight.

“Pengoperasian bigger aircraft tersebut dilaksanakan pada rute penerbangan dari Jakarta ke Denpasar (22 frekuensi), Padang (4 frekuensi), Surabaya (10 Frekuensi), Singapura (44 Frekuensi) dan Hongkong (10 Frekuensi), dari sebelumnya menggunakan pesawat B-737-800,” jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (26/5).

Penerbangan 32 extra flight terbagi dalam 24 penerbangan ekstra di rute-rute domestik yaitu delapan extra flight pada rute Jakarta – Jogjakarta dan 16 extra flight pada rute Jakarta - Denpasar, serta delapan penerbangan ekstra di rute-rute internasional yaitu empat extra flight pada rute Jakarta – Sydney dan empat extra flight pada rute Jakarta – Perth. Penerbangan extra flight menggunakan B-737-800 dengan kapasitas 162 kursi.

Sehubungan dengan pelaksanaan angkutan lebaran tersebut, maka untuk kenyamanan dan keamanan para penumpang, Garuda Indonesia menghimbau penumpang untuk merencanakan perjalanan sedini mungkin.

“Para penumpang juga dihimbau untuk menggunakan fasililitas 'City Check-in' di kantor-kantor penjualan Garuda Indonesia atau fasilitas 'Web Check-in' dan 'Phone Check-in' untuk menghindari antrian panjang di konter check-in bandara,” kata Pujobroto.


(gir/gir)