ASDP: 200 Ribu Pemudik Sudah Kembali Lewat Bakauheni

Agust Supriadi & Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2015 11:48 WIB
ASDP: 200 Ribu Pemudik Sudah Kembali Lewat Bakauheni Sejumlah penumpang berdiri di atas dek kapal Dorolonda jurusan Balikpapan , Surabaya ketika berlabuh di Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/7). (Antara Foto/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktivitas pelabuhan Bakauheni, Lampung meningkat signifikan pada hari ini, Selasa (21/7). PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat hingga H+3 lebaran jumlah pemudik yang kembali dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni sudah sekitar 200 ribu orang.  

Christine Hutabarat Corporate Secretary ASDP mengungkapkan terdapat kenaikan jumlah penumpang sebesar 44 persen di Pelabuhan Bakauheni dibandingkan hari sebelumnya atau H+2. Sementara untuk kendaraan roda dua naik sekitar 49 persen dan kendaraan roda empat naik sekitar 47 persen.

"Kenaikan ini sudah kami prediksikan sebelumnya sehingga PT ASDP pun telah menyiagakan petugas dan fasilitas pendukung lainnya,"ujar Christine melalui keterangan tertulis, Selasa (21/7).


Data ASDP menunjukkan, jumlah pemudik yang kembali melalui Pelabuhan Bakauheni pada H+3 sebanyak 94.449 orang, 8.812 kendaraan roda dua, dan 10.944 kendaraan roda empat .

Secara kumulatif, Pelabuhan Bakauheni telah menyeberangkan pemudik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa sebanyak 196.403 orang, 17.910 unit kendaraan roda dua, dan 21.224 unit kendaraan roda empat.

"Prediksi puncak arus balik akan terjadi siang hingga malam ini," kata Christine.

Untuk menghadapi puncak arus balik di Bakauheni, Manager Usaha ASDP Cabang Bakauheni, Heru Purwanto menjelaskan pihaknya akan mengoperasikan kapal-kapal berkapasitas besar di Dermaga 3, Dermaga 4 dan Dermaga 5. Selain itu, tiga kapal dengan ukuran sedang akan dioperasikan dengan sistem percepatan kapal.

"Artinya setelah mengangkut penumpang dan kendaraan dari Bakauheni kemudian sandar di Pelabuhan Merak, kapal tersebut akan kembali ke Bakauheni tanpa muatan. Sehingga proses pemuatan penumpang dan kendaraan di Bakauheni bisa lebih cepat," jelas Heru.

Dia berharap, puncak arus balik tahun ini berjalan lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. (ags/ags)