Menhub Wacanakan Buka Jalur Laut Surabaya - Lombok

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Rabu, 02/11/2016 03:33 WIB
Menhub Wacanakan Buka Jalur Laut Surabaya - Lombok Menhub Budi Karya sering mendapat keluhan dari Pemerintah Daerah Provinsi Bali akibat jalan yang sering rusak karena dilewati truk logistik menuju Lombok. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewacanakan pembukaan jalur laut rute Surabaya, Jawa Timur menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hal itu dilakukan untuk memperlancar arus logistik antara kedua daerah dengan memaksimalkan penggunaan transportasi laut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, belakangan ini dirinya mendapatkan keluhan dari pemerintah daerah terkait banyaknya jalan yang rusak karena dilintasi truk logistik saat mengunjungi Bali dan Lombok baru-baru ini.

"Jadi ini akan menyelamatkan kemacetan di Banyuwangi dan jalan-jalan di Bali dan NTB, " tutur Budi saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Selasa (1/11).


Agar optimal, lanjut Budi, pembukaan rute baru ini akan diikuti larangan truk logistik untuk melintasi daratan Pulau Bali dan mengalihkannya menggunakan kapal angkut.

"Kita lakukan dulu pilot project, dalam satu kapal bisa mengangkut 500 truk, jadi sudah lumayan banyak itu," ujar mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini.

Kendati demikian, Budi menyadari pembukaan jalur laut baru harus didukung ketersediaan infrastruktur berupa pelabuhan yang akan menjadi tempat sandar kapal-kapal pengangkut truk tersebut. Karenanya, hal ini memerlukan waktu.

Selanjutnya, Budi akan membicarakan rencana ini dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Mengingat pemerintah bisa mengoptimalkan keberadaan perusahaan pelat merah untuk pengoperasian rute kapal logistik baru ini. (gen)