EDUKASI KEUANGAN

Siapkan Dana Pensiun Sedari Dini Demi Masa Tua Bahagia

Agustiyanti, CNN Indonesia | Sabtu, 14/04/2018 11:11 WIB
Siapkan Dana Pensiun Sedari Dini Demi Masa Tua Bahagia Semakin muda Anda mempersiapkan dana pensiun, maka semakin ringan dana yang perlu Anda sisihkan dari penghasilan setiap bulan atau tahunnya.(Thinkstock/Sanjagrujic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anda pasti sering mendengar kalimat "muda berfoya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga". Kalimat tersebut sering menjadi perandaian banyak orang.

Namun, kenyataannya tak seindah dan semudah rangkaian kalimat tersebut. Faktanya, menurut AIA Financial, 90 persen karyawan Indonesia secara finansial tak siap menghadapi masa tua saat pensiun kelak.

Menurut data AIA Financial, untuk mempertahankan gaya hidup di masa pensiun, setidaknya dibutuhkan dana 70 persen dari gaji terakhir yang diperoleh.


Berdasarkan data World Bank, rata-rata pria Indonesia berumur hingga 69 tahun, sedangkan wanita di Indonesia berumur 73 tahun. Sedangkan rata-rata masa kerja penduduk Indonesia biasanya hanya hingga berusia 55 tahun.


Rata-rata umur penduduk Indonesia terus bertambah, sedangkan biaya hidup terus meningkat. Untuk itu, kebutuhan biaya selama pensiun pun kian besar.

Mempersiapkan dana pensiun sebaiknya dilakukan sedari dini. Semakin muda Anda mempersiapkan dana pensiun, maka semakin ringan dana yang perlu Anda sisihkan dari penghasilan setiap bulan atau tahunnya.

Perusahaan Perencanaan Keuangan Finansia Consulting menekankan pentingnya menyisihkan dana sesuai dengan kebutuhan di masa tua. Untuk lebih pasti, Anda sebaiknya menyisihkan presentase tertentu dari pendapatan saat ini untuk dana pensiun.

Dana tersebut sebaiknya juga tak dibiarkan mengendap di tabungan yang memiliki tingkat keuntungan di bawah inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa setiap tahunnya.


Ada beberapa produk investasi yang dapat Anda lirik untuk mempersiapkan dana pensiun. Anda dapat membeli produk dana pensiun yang saat ini dijual oleh lembaga dana pensiun, beberapa bank, dan perusahaan asuransi.

Penyedia produk dana pensiun biasanya memiliki perhitungan berapa dana yang butuh Anda siapkan untuk mencapai level kehidupan yang Anda inginkan di hari tua dan dana yang perlu Anda sisihkan sejak memulai berinvestasi untuk dana pensiun setiap bulan atau tahunnya.

Selain produk dana pensiun, Anda sebenarnya juga bisa mempersiapkan dana pensiun sendiri dengan memilih produk investasi secara mandiri. Beberapa pilihan investasi yang cocok untuk dana pensiun, antara lain, investasi properti, obligasi, deposito, dan saham.

Namun, untuk memilih investasi yang tepat, Anda tentunya harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini. (bir)


BACA JUGA