China Tetapkan Kurs Tengah Yuan Terendah dalam Satu Dekade

CNN Indonesia | Selasa, 30/10/2018 12:50 WIB
China Tetapkan Kurs Tengah Yuan Terendah dalam Satu Dekade Ilustrasi yuan. (REUTERS/Petar Kujundzic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Sentral China menetapkan nilai tukar tengah yuan resmi ke level terendah dalam satu dekade terakhir. Hal ini seiring melemahnya mata uang tersebut di tengah kekhawatiran atas melambatnya pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan berlanjut dalam beberapa bulan ke depan.

Titik tengah yuan di tetapkan pada 6,957 per dolar Amerika Serikat (AS) pada Selasa (30/11), melemah 197 poin atau 0,28 persen dibandingkan titik sebelumnya di posisi 6,937.


Dikutip dari Reuters, penetapan yang lebih rendah dilakukan karena dolar AS menguat terhadap mata uang utama lainnya. Dolar AS tengah menjadi pilihan aset paling aman di tengah kekhawatiran perdagangan China dan AS yang baru.


Bloomberg melaporkan AS tengah bersiap untuk menungumumkan tarif impor baru untuk produk China pada awal Desember jika Presiden Donald Trump dan Xi Jinping tak mencapai kesepakatan.


Penetapan kurs pada Selasa, merupakan level terendah sejak 21 Mei 2008. Kurs ini juga lebih lemah dari perkiraan pasar dan Reuters yang berada di kisaran 6,948 per dolar AS.

Pada Senin, Yuan mengakhiri perdagangan domestik pada posisi terlemahnya dalam lebih dari satu dekade, memicu spekulasi mengenai apakah bank sentral akan mentolerir penurunan di luar level psikologis 7 per dolar AS. (Reuters/agi)