Bos Freeport dan Jonan Lapor Jokowi soal Jual-Beli Saham

CNN Indonesia | Jumat, 21/12/2018 15:30 WIB
Bos Freeport dan Jonan Lapor Jokowi soal Jual-Beli Saham Ilustrasi tambang Freeport. (Dok. PT Freeport Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chief Executive Officer Freeport-McMoran Richard Adkerson tiba di Kompleks Istana Kepresidenan pada Jumat, (21/12). Adkerson didampingi oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Bambang Gatot Ariyono.

Adkerson tiba di Kompleks Istana Kepresidenan pada pukul 14.50 WIB. Rencananya, Adkerson dan Jonan akan melaporkan perkembangan transaksi divestasi PT Freeport Indonesia sebesar 51,23 persen yang seharusnya dijadwalkan akhir bulan ini.

"Iya lah mau laporan (ke Presiden), masa mau main ping-pong?" jelas Jonan seraya memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (21/12).



Pemerintah Indonesia dipastikan sudah mendapat mayoritas saham Freeport setelah melakukan negosiasi ihwal kepastian operasional, masalah rezim perpajakan, dan kepastian pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter).

Pembayaran transaksi jual beli saham Freeport Indonesia sendiri harusnya ditargetkan terealisasi November silam, namun sampai saat ini urung dilakukan.

Dari rencana kepemilikan sebesar 51,23 persen, pemerintah telah mengalokasikan 10 persen saham Freeport untuk Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika. Hal itu sesuai penandatangan perjanjian antara Inalum dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika pada 12 Januari 2018 lalu.


Setelah proses divestasi rampung, pemerintah bisa menerbitkan IUPK permanen yang berlaku untuk 2 x 10 tahun setelah habis masa kontrak pada tahun 2021. (glh/lav)