Trump Batal Kirim Delegasi ke World Economic Forum

CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 11:48 WIB
Trump Batal Kirim Delegasi ke World Economic Forum Presiden AS Donald Trump. (REUTERS/Carlos Barria).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membatalkan perjalanan delegasinya ke World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, pada pekan depan akibat masih berlangsungnya penutupan sebagian pemerintah (goverment shutdown).

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders pada hari Kamis (17/1), seperti dikutip dari Reuters.

Trump, yang menghadiri acara Davos tahun lalu, sebelumnya merencanakan untuk pergi lagi tahun ini. Namun, ia membatalkan rencana tersebut ditengah pergulatan dengan Demokrat di Kongres terkait anggaran untuk tembok perbatasan Meksiko yang telah menyebabkan government shutdown.



Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Sekretaris Negara Mike Pompeo diperkirakan akan memimpin delegasi AS di tempat Trump, dua pejabat senior pemerintahan mengatakan pekan ini.

"Karena pertimbangan untuk 800 ribu pekerja besar Amerika yang tidak menerima gaji dan untuk memastikan timnya dapat membantu sesuai kebutuhan, Presiden Trump telah membatalkan perjalanan delegasinya ke Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss," kata pernyataan Sanders.


Munchin dan Pompeo telah merencanakan untuk berbicara bersama pada sesi pembukaan forum pada 22 Januari. Mereka juga diharapkan untuk bersama-sama menjadi tuan rumah makan malam Kelompok Tujuh menteri luar negeri dan menteri keuangan untuk membahas masalah keamanan dan ekonomi nasional.

Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer juga berencana untuk menjadi bagian dari delegasi. (Reuters/agi)