Pemerintah Akui Logistik Pangan Buruk

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 18:57 WIB
Pemerintah Akui Logistik Pangan Buruk Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah mengakui ketahanan pangan di dalam negeri sampai saat ini masih rapuh. Deputi II Bidang Pertanian dan Pangan Kementerian Koordinator Perekonomian Musdalifah Machmud mengatakan kerapuhan tersebut salah satunya dipicu oleh kondisi logistik pangan di dalam negeri yang buruk.

Sistem logistik tersebut terutama berkaitan dengan gudang penyimpanan. Musdalifah mencontohkan dari sisi ketahanan dan produksi pangan, saat ini Indonesia cukup bagus.

Untuk cabai saja misalnya, produksinya mendukung kebutuhan masyarakat. "Tapi persoalannya penyimpanannya sampai sekarang menjadi masalah utama," katanya di Jakarta, Kamis (14/2).



Karena masalah tersebut, produksi cabai tidak bisa bertahan lama. Musdalifah mengatakan dari sisi logistik, saat ini baru beras yang sudah bagus.

Bulog sudah memiliki gudang dan teknologi baik sehingga beras bisa disimpan dalam waktu satu tahun atau lebih. Oleh karena itulah, agar masalah logsitik tersebut bisa diatasi, pihaknya meminta kepada para dunia usaha untuk membantu pemerintah.

"Bantu kami dengan teknologi dan investasi sehingga masalah penyimpanan ini kita bisa selesaikan dan saat paceklik, persediaan bisa mencukupi," katanya.

(ulf/agt)