BEI Yakin Pengumuman Pemilu akan Kembalikan 'Otot' IHSG

CNN Indonesia | Selasa, 21/05/2019 11:52 WIB
BEI Yakin Pengumuman Pemilu akan Kembalikan 'Otot' IHSG Ilustrasi IHSG. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Bursa Efek Indonesia (BEI) yakin pengumuman hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (21/5) dini hari akan memberikan sentimen positif kepada pasar modal. Sebab, pengumuman itu menjadi tanda pesta demokrasi di Indonesia usai sehingga memberikan kepastian kepada investor.

"Mestinya positif ya, kalau sudah tenang pasti positif, kami cukup optimis. Bisa dilihat saat pertama election (Pemilihan Umum/Pemilu) selesai, itu reaksi market (pasar) bagus, sempat naik luar biasa juga," kata Direktur Utama BEI Inarno Djajadi, Selasa (21/5).

Ia menuturkan pengumuman hasil Pilpres ini menghilangkan ketidakpastian di pasar. Kondisi tersebut membuat investor yang sebelumnya memilih menunggu dan mencermati (wait and see) hasil pemilu akan kembali ke pasar modal.


Tidak hanya transaksi pada instrumen ekuitas, ia percaya penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) akan kembali ramai usai pesta demokrasi selesai.  
Oleh sebab itu, ia berharap kondisi keamanan dan politik tetap kondusif usai KPU mengumumkan hasil Pilpres 2019.


"Tentunya orang akan menunggu sebentar. Kenapa kita mesti masuk sebelum ada kepastian betul. Tapi tentunya misalnya dalam beberapa hari ini, hari ini atau besok tidak ada masalah apa-apa, Insya Allah tidak ada masalah apa-apa," tuturnya.

Dalam sepekan, sebelum penetapan hasil Pemilu dan Pilpres 2019, IHSG turun cukup dalam. Catatan BEI selama sepekan indeks anjlok sebesar 6,16 persen dari 6.209,12 ke level 5.826,87 pada penutupan pekan lalu.

Namun, pada penutupan perdagangan awal pekan kemarin, indeks mulai bertenaga. Indeks ditutup menguat 80,25 poin atau 1,38 persen ke posisi 5.907,12.

"Kemarin penurunannya agak cukup jauh, menurut kami. Jadi orang dengan sendirinya akan buyback (membeli saham kembali). Tapi kalau kenapa dia hijau, karena menurut kami, kemarin memang oversold (jenuh jual), terlalu jauh turunnya," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Penguatan indeks terus berlanjut hingga pembukaan perdagangan pagi. IHSG melanjutkan penguatan dengan naik 33,57 poin atau 0,57 persen ke 5.940,69.

Sebelumnya, KPU telah mengumumkan hasil Pilpres pada Senin (20/5) malam atau lebih cepat dari jadwal semula pada Rabu (22/5). KPU menyatakan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019 dengan raihan 85.607.362 suara atau 55,50 persen dari total suara sah 154.257.601 suara. (ulf/agt)