BCA dan BRI Masih Tutup Kantor Cabang di Tanah Abang

CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 12:40 WIB
BCA dan BRI Masih Tutup Kantor Cabang di Tanah Abang Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Bank Central Asia Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk masih menutup beberapa kantor cabang pada Kamis (23/5) pascakerusuhan yang terjadi dua hari berturut-turut kemarin. Penutupan khususnya pada kantor cabang yang berada di kawasan Pasar Tanah Abang.

Direktur BCA Santoso Liem menuturkan penutupan kantor cabang disebabkan aktivitas perdagangan di Pasar Tanah Abang juga belum dibuka hari ini. Dengan demikian, perusahaan mengikuti kebijakan pengelola gedung.

"Sejauh ini sebenarnya sudah normal kecuali beberapa lokasi di dekat toko perdagangan yang tidak buka seperti Tanah Abang, sehingga karyawan cabang kami tidak bisa masuk ke lokasi," ujar Santoso kepada CNNIndonesia.com, Kamis (23/5).


Penutupan di dekat Tanah Abang, kata Santoso, bersifat situasional. Jika pertokoan di Pasar Tanah Abang dibuka, maka kantor cabang BCA di kawasan itu juga akan beroperasi.


"Kami berharap saja kalau situasi hari ini kondusif dan pertokoan dibuka, kami siap untuk melayani masyarakat," terang dia.

Kendati masih ada kantor cabang yang ditutup, ia memastikan bahwa pelayanan kepada nasabah tak akan terganggu. Sebab, pelayanan bisa diberikan di kantor cabang lain.

"Tidak ada hambatan bagi nasabah, seperti di gedung pusat perdagangan di Tanah Abang tidak dibuka tapi nasabah bisa ke kantor cabang utama di Wahid Hasyim," jelas Santoso.

BCA sempat menutup 11 kantor cabangnya pada Rabu (22/5) kemarin, yang terdiri dari 10 kantor cabang pembantu (KCP) dan satu kantor cabang utama (KCU).


Kantor cabang pembantu yang ditutup, di antaranya berada di Menteng, Kebon Sirih, Sabang, KS Tubun, Tanah Abang Blok A, Tanah Abang Blok B, Regional Tanah Abang, Tanah Abang Zona 3, Pasar Tanah Abang, dan Metro Tanah Abang. Sementara itu, satu kantor cabang utama yang ditutup berlokasi di Jalan Wahid Hasyim.

Senasib, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragih menyatakan pihaknya juga terpaksa menutup kantor cabangnya di kawasan Tanah Abang karena kegiatan perdagangan juga belum dibuka kembali. Perusahaan menutup enam kantor cabang di kawasan tersebut.

"Kantor cabang Tanah Abang tidak buka dikarenakan Pasar Tanah Abang ditutup dan infonya sampai dengan 25 Mei 2019," kata Osbal.

Enam kantor cabang yang ditutup terdiri dari tiga kantor cabang pembantu dan tiga kantor kas (KK). Rinciannya, tiga kantor cabang pembantu itu terletak di Pasar Tanah Abang, Blok B, dan Sarinah, sedangkan kantor kas berada di Blok A B2, Blok A LG, dan Metro Tanah Abang.


Kas Keliling BI Masih Ditutup

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengumumkan pihaknya juga masih menutup layanan kas keliling dan penukaran uang luar ruangan. Hal itu semula disediakan untuk menunjang keperluan masyarakat menjelang Lebaran 2019.

"Untuk layanan kas keliling dan penukaran uang di tempat luar kantor, misal museum dan Monas, sementara masih dihentikan, menunggu perkembangan lebih lanjut," ungkap Onny dalam pesan tertulis.

Kendati demikian, bank sentral mengungkapkan layanan penukaran dan aktivitas kas keliling di kantor-kantor bank terdekat tetap tersedia.

[Gambas:Video CNN] (aud/lav)