Tiket Naik, Menhub Sebut Penumpang Pesawat Masih Ramai

CNN Indonesia | Minggu, 26/05/2019 13:27 WIB
Tiket Naik, Menhub Sebut Penumpang Pesawat Masih Ramai Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan walaupun harga tiket pesawat belakangan ini dikeluhkan banyak orang mahal, tapi masalah tersebut tak mengurangi jumlah penumpang pesawat.

Kondisi tersebut tercermin dari jumlah penerbangan. Data yang dimilikinya menunjukkan belakangan ini jumlah penerbangan naik 1 persen dari 1.300 menjadi 1.470.


Selain cerminan tersebut, minat tinggi masyarakat terhadap moda angkutan udara juga tercermin dari tingkat keterisian pesawat. Ia mengatakan menjelang mudik Lebaran 2019 ini tingkat keterisian pesawat dari Jakarta ke wilayah lain nyaris menyentuh 100 persen. 


Sebaliknya, dari daerah lain menuju Jakarta justru penumpang turun hingga hampir 60 persen. Budi mengatakan perbedaan mencolok tersebut perlu dimanfaatkan Jakarta untuk menggenjot sektor pariwisata. 

"Potensi harus digunakan oleh untuk kegiatan wisata atau lain menuju Jakarta. Saya menganjurkan pada airline mengajukan tarif khusus atau beri promosi," kata Budi saat ditemui di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5). 

Budi mengatakan angkutan udara saat ini cukup aman untuk digunakan. Kesimpulan tersebut dibuat setelah Kementerian Perhubungan melakukan pengecekan kesiapan angkutan udara. 

(els/agt)