Menhub akan Borong 100 Mobil Listrik

CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 09:53 WIB
Menhub akan Borong 100 Mobil Listrik Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana memborong sekitar 100 mobil listrik untuk menunjang kinerja kementeriannya. Pembelian tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah mengembangkan kendaraan listrik.

Ia mengatakan pembelian kendaraan tersebut kemungkinan besar akan dilakukan dalam bentuk leasing. Kendaraan listrik tersebut nantinya akan digunakan pejabat Kementerian Perhubungan.

"Pengadaan (pembelian) mobil listrik ini inginnya dilakukan dari tahun ini," katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (9/9).

Sayang, Budi tidak menyebut berapa total anggaran yang akan digelontorkan untuk pengadaan 100 kendaraan listrik tersebut. Ia hanya berharap, upaya yang dilakukan kementeriannya tersebut ke depan bisa makin mendukung program pengembangan mobil listrik pemerintah.

Pemerintahan Presiden Jokowi saat ini memang tengah berupaya membangun industri kendaraan listrik di dalam negeri untuk mengatasi ketergantungan Indonesia pada energi fosil.


Untuk mendukung pengembangan tersebut Jokowi beberapa waktu lalu menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

"Kita sudah mulai membuka ruang pengembangan mobil listrik tapi kita ingin lebih dari itu, kita ingin membangun industri mobil listrik sendiri," katanya.

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan mengatakan Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan kendaraan listrik. Pasalnya, saat ini sekitar 70 persen sampai dengan 80 persen komponen pembentuk batrei lithium yang merupakan bagian penting dari mobil listrik berada di Indonesia.

[Gambas:Video CNN] (antara/agt)