Fitch Ratings Ramal Perang Dagang Buat Ekonomi Global Mendung

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 15:44 WIB
Fitch Ratings Ramal Perang Dagang Buat Ekonomi Global Mendung Ilustrasi ekonomi global. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings meramal peningkatan ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China serta berlarut-larutnya masalah Brexit akan membuat ekonomi global mendung.

Dilansir dari Reuters pada Senin (9/9) Fitch menyebut skenario keluarnya Inggris tanpa kesepakatan berpotensi memicu resesi besar pada 2020 mendatang. Pasalnya, skenario Brexit tanpa kesepakatan berpotensi menekan prospek pertumbuhan ekonomi zona Eropa.

Catatan tersebut juga menunjukkan bahwa selain masalah Brexit, ekonomi Uni Eropa juga akan mendapatkan tekanan dari perlambatan ekonomi China.


Fitch memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China akan jatuh dari posisi 6,1 persen pada 2019 menjadi 5,7 persen. Proyeksi tersebut lebih pesimis.

Pasalnya, sebelumnya Fitch hanya meramalkan ekonomi China akan turun di kisaran 6 persen sampai 6,2 persen.

Meskipun ekonomi global akan tertekan, Fitch menambahkan bahwa kondisi tersebut tak akan berimbas ke negara di kawasan Asia Pasifik. Menurut proyeksi mereka, ekonomi negara di kawasan Asia Pasifik akan tumbuh stabil di tengah prospek pelemahan ekonomi global.

Menurut mereka, yang mengalami tekanan kemungkinan hanya Hong Kong. Tekanan ekonomi atas negara tersebut terjadi akibat aksi unjuk rasa menentang pembahasan Rancangan Undang-undang Ekstradisi yang berlangsung berbulan-bulan.

Atas proyeksi tersebut, Fitch memperkirakan sejumlah bank akan menurunkan suku bunga acuan mereka agar ekonomi tetap tumbuh. Untuk AS, mereka meramalkan The Fed akan memangkas bunga acuan sebesar 25 basis poin pada Desember nanti.

[Gambas:Video CNN] (reuters/agt)