Selain Ahok, Budi dan Emma Jadi Pejabat Baru Pertamina

CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 18:23 WIB
Selain Ahok, Budi dan Emma Jadi Pejabat Baru Pertamina Selain menunjuk Ahok sebagai Komut Pertamina, Menteri BUMN Erick Thohir juga menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Komut. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Selain Ahok, Erick juga menunjuk Budi Gunadi Sadikin selaku Wakil Komisaris Utama dan Emma Sri Martini sebagai Direktur Keuangan.

"Basuki Tjahaja Purnama Komisaris Utama di Pertamina. Didampingi oleh pak Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin jadi Wakil Komisaris Utama di Pertamina. Juga ada direksi baru, Emma Sri Martini dari Telkomsel menjadi Direktur Keuangan," tutur Erick, Jumat (22/11).

Emma, Erick melanjutkan akan menggantikan posisi Pahala Nugraha Mansury yang sebelumnya menjabat sebagai direktur keuangan. Pahala sendiri akan hijrah ke perusahaan BUMN sektor bank, yakni PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Keputusan menunjuk Ahok, Budi, dan Emma, Erick mengatakan telah melalui proses Tim Penilai Akhir (TPA). TPA sendiri diketuai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Saya hanya menyebutkan yang sudah melalui TPA. Yang tidak melalui TPA, saya tidak bisa komentar," tegas dia.

Nama-nama pejabat baru Pertamina tersebut akan dilakukan segera pada Jumat ini atau paling lambat Senin (25/11). "Pertamina bukan Tbk, jadi bisa disegerakan hari ini atau Senin," terang Erick.

Sementara, pergantian pejabat BTN akan segera dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada akhir bulan ini.
[Gambas:Video CNN]


(uli/bir)