Pengusaha Kapal Minta Jokowi Batasi Investasi Asing

CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 14:36 WIB
Pengusaha Kapal Minta Jokowi Batasi Investasi Asing Ketua Umum Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (INSA) Carmelita Hartoto meminta Presiden Jokowi membatasi investasi asing dalam sektor perkapalan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (INSA) Carmelita Hartoto meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatasi investasi asing dalam sektor perkapalan. Ia ingin investasi asing hanya dibolehkan untuk jenis kapal khusus berteknologi tinggi.

"Investasi asing ini diharapkan kapal-kapal khusus saja, kapal-kapal berteknologi tinggi seperti kapal drilling," kata Carmelita usai bertemu Jokowi, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/12).

Carmelita menyatakan pengusaha Indonesia sudah memiliki banyak kapal. Pada tahun ini saja, terdapat sekitar 27.200 unit yang terdiri berbagai jenis kapal. Jumlah kapal itu sudah mampu mencukupi kebutuhan pelayaran dalam negeri.


Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Perhubungan itu mengaku sudah menyampaikan jenis-jenis kapal yang sudah ada dimiliki pengusaha dalam negeri.

"Kita juga menyampaikan jangan sampai Omnibus Law akan mematikan pengusaha-pengusaha pelayaran yang sudah ada dan sudah berkembang di Indonesia," tuturnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Jokowi menyerap aspirasi dari para pengusaha perkapalan itu. Menurutnya, sejumlah masukan, seperti investasi asing di sektor perkapalan, pengamanan di laut, hingga Tol Laut akan dibahas lebih lanjut.

"Karena ini memang bidangnya maritim, insyallah kita akan bahas dengan Pak Luhut di Kementerian Maritim," kata Budi yang mendampingi Jokowi menerima rombongan INSA.

[Gambas:Video CNN] (fra/age)