United Airlines Pesan 50 Armada Airbus, Gantikan Boeing 757

CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 13:17 WIB
United Airlines Pesan 50 Armada Airbus, Gantikan Boeing 757 United Airlines memesan 50 armada Airbus, menggantikan tipe Boeing yang dimiliki maskapai AS tersebut. (Istockphoto/VanderWolf-Images).
Jakarta, CNN Indonesia -- United Airlines, maskapai asal AS, memesan 50 armada Airbus A321XLR senilai US$6,5 miliar. Armada itu akan mengggantikan armada lama perusahaan, yaitu Boeing 757.

Dilansir AFP, Rabu (4/12), armada Airbus yang dipesan perusahaan rencananya dikirim pada 2024 mendatang.

Pesanan armada Airbus oleh maskapai utama Amerika merupakan pukulan bagi pabrik pesawat AS, Boeing.

Boeing terpuruk sejak kecelakaan yang melibatkan pesawat jenis 737 MAX di Indonesia dan Ethiopia. Kecelakaan tersebut mengakibatkan kematian terhadap 346 penumpang dan awak pesawat.

Selain itu, Boeing belum meluncurkan tipe baru sejak dihukum untuk menerbangkan pesawatnya akibat kecelakaan tersebut. Di sisi lain, Airbus meluncurkan seri terbarunya di Paris Air Show belum lama ini, yakni A321XLR. Tipe tersebut diklaim lebih hemat biaya dibandingkan pesawat berbadan lebar lainnya.

United Airlines mengatakan akan menggunakan armada baru mereka untuk melayani penumpang tujuan Eropa dari New York dan Washington. United Airlines berpaling ke Airbus karena kurangnya pesawat Boeing untuk pasar kelas menengah.
[Gambas:Video CNN]


(wel/bir)