David Calhoun Jadi CEO Baru Boeing

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 12:14 WIB
David Calhoun Jadi CEO Baru Boeing David Calhoun ditunjuk untuk menggantikan Dennis Muilenburg yang dipecat dewan direktur Boeing. (AFP/Toru Yamanaka).
Jakarta, CNN Indonesia -- David Calhoun ditunjuk menjadi kepala eksekutif baru di Boeing. Calhoun menggantikan Dennis Muilenburg, CEO sebelumnya yang dipecat oleh dewan direktur produsen pesawat asal AS tersebut.

Nama Calhoun disebut-sebut sebagai calon pemimpin Boeing sejak 23 Desember 2019 lalu. Sebelumnya menjadi CEO, pria berusia 62 tahun itu telah cukup lama menjabat sebagai direktur Boeing.

Calhoun akan bekerja di tengah upaya perusahaan bangkit dari tragedi dua pesawat buatannya berjenis 737 MAX yang jatuh dan mengakibatkan korban meninggal dunia sebanyak 346 orang.

Akibat peristiwa tersebut, pesawat jenis 737 MAX pada Maret 2019 dilarang terbang di seluruh dunia. Pelarangan terbang pesawat berjenis MAX menimbulkan kerugian lebih dari US$9 miliar atau sekitar Rp126 triliun (asumsi kurs Rp14 ribu per dolar AS).

Tak cuma itu, Boeing juga menghadapi peningkatan biaya akibat penghentian produksi MAX pada bulan ini, termasuk pemberian kompensasi bagi penerbangan yang merugi.

Calhoun sendiri dinilai langsung mulai menjalankan upaya untuk memperbaiki hubungan perusahaan dengan para badan pengatur penerbangan, termasuk maskapai di seluruh dunia dan anggota parlemen.
[Gambas:Video CNN]


(Antara/bir)