Corona, Pasar Tanah Abang Tutup Sementara Hingga 5 April

CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 16:01 WIB
Corona, Pasar Tanah Abang Tutup Sementara Hingga 5 April Pasar Tanah Abang, kecuali Blok G, akan ditutup mulai 27 Maret hingga 5 April demi mencegah penyebaran corona. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Perumda Pasar Jaya bakal menutup sementara seluruh pasar yang berada di kawasan Tanah Abang di tengah penyebaran virus corona. Penutupan akan mulai dilakukan pada 27 Maret hingga 5 April 2020 mendatang.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengungkapkan kawasan yang akan ditutup adalah Pasar Tanah Abang Blok A, Blok B, dan Blok F. Sementara, untuk Blok G tetap dibuka secara terbatas.

Keputusan ini diambil demi mencegah penyebaran virus corona di dalam negeri. Apalagi, jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang selalu meningkat tajam jelang Ramadan.


Oleh karena itu, Arief menyatakan pihaknya perlu mengambil langkah tegas untuk membatasi jumlah pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang jelang Ramadan tahun ini.

Apalagi, pengunjung Pasar Tanah Abang bukan hanya dari Jakarta, tapi juga daerah lain dan turis asing.

"Ini merupakan salah satu langkah pencegahan dan penyebaran Covid 19 (virus corona), kecuali di Blok G, boleh berjualan khusus bahan pangan saja," ujar Arief dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (26/3).

Sementara, Arief menyatakan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan seluruh pedagang di Pasar Tanah Abang dalam mengambil langkah untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Ia mengklaim pedagang sepakat untuk menutup sementara beberapa blok di Pasar Tanah Abang.

"Kami sampaikan beberapa hal untuk ada pengertian bersama antara para pedagang dan juga manajemen. Untuk ini, baik pedagang dan manajemen sepakat menutup bersama area pasar hingga batas waktu tersebut," jelas Arief.

Sebelumnya, sambung dia, manajemen telah melakukan sejumlah langkah untuk mengurangi penyebaran virus corona di Pasar Tanah Abang. Salah satunya dengan mengukur suhu tubuh seluruh pedagang dan konsumen di pintu masuk Pasar Tanah Abang.

Bagi yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat, maka dilakukan penanganan khusus. Kemudian, Perumda Pasar Jaya juga membatasi pintu akses ke dalam Pasar Tanah Abang.

"Di setiap pintu masuk pasar juga telah disiapkan hand sanitizer bagi pedagang dan masyarakat yang akan masuk ke dalam area pasar," terang Arief.

Kemudian, manajemen juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh tempat berjualan, kantor, fasilitas, dan sarana ibadah.

Selain Pasar Tanah Abang, sejumlah pusat perbelanjaan di ibu kota juga telah ditutup sementara hingga awal April 2020 mendatang.

Pusat perbelanjaan tersebut adalah Plaza Indonesia, beberapa toko di Lippo Mall Puri, Summarecon Mall Kelapa Gading, Senayan City, dan Central Park. Semua dilakukan guna mencegah penularan virus corona. Maklum, peningkatan kasus di Indonesia terus bertambah setiap harinya.

Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona bertambah menjadi 893 orang pada Kamis (26/3). Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 78 orang, dengan jumlah yang sembuh 35 orang.

[Gambas:Video CNN]


(aud/bir)