Tata Cara Daftar Beasiswa LPDP

CNN Indonesia | Kamis, 01/10/2020 14:17 WIB
Setelah sempat tertunda, akhirnya LPDP membuka kembali pendaftaran beasiswa pada 6 Oktober 2020 mendatang. Setelah sempat tertunda, akhirnya LPDP membuka kembali pendaftaran beasiswa pada 6 Oktober 2020 mendatang. (Thinkstock/diego_cervo).
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah sempat tertunda, akhirnya Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membuka kembali pendaftaran beasiswa pada 6 Oktober 2020 mendatang. LPDP membuka dua jenis dua jenis beasiswa yakni beasiswa pendidik dan beasiswa perguruan tinggi utama dunia.

Mengutip laman resmi Instagram LPDP @lpdp_ri, calon penerima beasiswa LPDP bisa mendaftar melalui laman website resmi LPDP, yakni beasiswalpdp.kemenkeu.go.id, ketika tanggal pembukaan nanti.

"Catat dan tandai kalendermu ya! Mulai 6 Oktober 2020, kamu dapat melakukan registrasi online melalui beasiswalpdp.kemenkeu.go.id," tulis LPDP, dikutip Kamis (1/10).


Pada laman website tersebut, pendaftar diminta untuk membuat akun yang nantinya digunakan untuk login pada website LPDP tersebut. Namun, pihak LPDP belum mencantumkan persyaratan maupun tahapan pendaftaran.

"Info lebih lanjut mengenai persyaratan, perguruan tinggi tujuan, tahapan seleksi, dan ketentuan lainnya akan disampaikan lebih lanjut bersamaan dengan dibukanya registrasi online," imbuh LPDP.

Sebagai perbandingan, LPDP juga membuka pendaftaran beasiswa pada 2019. Meliputi beasiswa umum, beasiswa afirmasi, dan beasiswa targeted group.

Untuk tahap seleksinya sendiri, LPDP membagi ke dalam dua tahap seleksi, yakni periode 26 April 2019-16 September 2019 untuk tahap pertama dan 1 Juli 2019-18 Desember 2019 untuk tahap kedua.

Kedua tahap tersebut memiliki empat tahapan yang sama. Pertama, tahapan pendaftaran. Kedua, pelaksanaan seleksi administratif. Ketiga, seleksi berbasis komputer.

LPDP mengatakan pendaftar yang tidak lulus pada tahap administrasi atau seleksi berbasis komputer, diperbolehkan mendaftar kembali pada seleksi tahap kedua di tahun yang sama pada program yang sama atau berbeda.

Keempat, seleksi wawancara. Namun, pendaftar yang tidak lolos pada tahapan akhir ini tidak diperbolehkan mendaftar lagi pada seleksi tahap kedua di tahun yang sama pada semua program.

Untuk diketahui, beasiswa pendidik adalah beasiswa jenjang magister yang diperuntukkan bagi guru tetap sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain itu, beasiswa pendidik merupakan beasiswa jenjang doktor yang diperuntukkan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi di bawah Kemendikbud dan Kementerian Agama.

Sementara itu, beasiswa perguruan tinggi utama dunia diperuntukkan bagi WNI yang telah memperoleh Letter of Admission (LoA) atau acceptance unconditional dari perguruan tinggi peringkat utama dunia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktoral.

Perguruan tinggi peringkat utama dunia terdiri atas beberapa perguruan tinggi yang telah ditetapkan oleh LPDP.

"Info lebih lanjut mengenai perguruan tinggi tujuan, persyaratan, tahapan seleksi dan ketentuan lainnya akan disampaikan lebih lanjut bersamaan dengan dibukanya registrasi online," ujar LPDP melalui laman website resminya. 

[Gambas:Video CNN]



(ulf/age)