Sri Mulyani ke Janet Yellen: Welcome to The Club

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 10:06 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan ucapan selamat kepada Janet Yellen yang terpilih sebagai Menteri Keuangan Amerika Serikat di kabinet Presiden Joe Biden. Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan ucapan selamat kepada Janet Yellen yang terpilih sebagai Menteri Keuangan Amerika Serikat di kabinet Presiden Joe Biden.(CNN Indonesia/ Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan ucapan selamat kepada Janet Yellen yang terpilih sebagai Menteri Keuangan Amerika Serikat di kabinet Presiden Joe Biden.

Penunjukan ini menjadikan Janet Yellen wanita pertama yang menjabat sebagai Menkeu AS sejak negara Paman Sam itu berdiri pada 1776. Sebelumnya, wanita 74 tahun itu juga merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (Chairperson Federal Reserve).

"Welcome to the club...!" tulis Sri Mulyani melalui Instagram resminya yang dikutip CNNIndonesia.com Selasa (26/1).


Bendahara negara ini juga menyampaikan bahwa sebagai menteri keuangan mereka menghadapi tantangan yang tak mudah. Sri Mulyani berharap mereka dan negara lainnya bisa terus bekerja sama agar proses pemulihan ekonomi menjadi lebih baik dan cepat.

"Tantangan besar dan luar biasa memulihkan ekonomi dan menjaga stabilitas ekonomi global, kerjasama global adalah keharusan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Yellen bukan orang baru di lingkup ekonomi AS. Selain gubernur The Fed, ia juga pernah menduduki posisi Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih era Bill Clinton.

Ia juga turut membantu mengarahkan pemulihan ekonomi AS setelah krisis keuangan 2007 dan resesi saat itu.

Peran Yellen akan sangat penting dalam pekan pertama pemerintahan baru karena akan bertindak sebagai negosiator kunci dengan Kongres dalam upaya Biden mendapat persetujuan stimulus senilai $1,9 triliun untuk membantu ekonomi AS pulih dari krisis akibat dihantam pandemi covid-19.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK