Keluarga Bos Samsung Ditaksir Bayar Pajak Warisan Rp156 T

cnn, CNN Indonesia | Selasa, 27/04/2021 20:18 WIB
Keluarga mendiang bos Samsung Lee Kun-hee dikabarkan harus membayar pajak dari warisan mencapai 12 triliun won atau sekitar Rp156 triliun. Keluarga mendiang bos Samsung Lee Kun-hee dikabarkan harus membayar pajak dari warisan mencapai 12 triliun won atau sekitar Rp156 triliun.(CNN Indonesia/Jonathan Patrick).
Jakarta, CNN Indonesia --

Keluarga mendiang bos Samsung Lee Kun-hee dikabarkan harus membayar pajak dari warisan yang ditinggalkan sang ayah mencapai 12 triliun won atau sekitar Rp156 triliun (asumsi Rp13 per won).

Dilansir dari kantor berita Yonhap, pajak warisan ini harus dibayar kepada pemerintah daerah pada akhir bulan ini. Sebuah sumber berspekulasi bahwa anggota keluarga kemungkinan akan membayar pajak warisan dengan mencicil.

Mereka dapat membayar seperenam aset warisan pada akhir bulan ini dan membayar sisanya selama lima tahun ke depan. Sumber tersebut mengungkap mereka cenderung mendanai pajak warisan mereka dengan dividen saham tetapi bisa mendapatkan pinjaman bank.


Seperti yang diketahui, Kun-hee meninggal pada Oktober tahun lalu dan meninggalkan seorang istri Hong Ra-hee, putra tunggal Jae-yong, dan dua putri yakni Boo-jin dan Seo-hyun.

Rencananya, keluarga akan mengumumkan skema warisan kepada publik besok, Rabu (28/4). Pengumuman ini dilakukan karena tenggat waktu pembayaran warisan yang semakin dekat.

Mendiang Kun-hee merupakan orang terkaya di Korea Selatan. Dia meninggalkan aset lebih dari 22 triliun won termasuk saham sekitar 19 triliun won.

Selain pajak warisan dan rencana pengumuman pembagian warisan, keluarga Kun-hee pun sedang mempertimbangkan untuk menyumbangkan beberapa karya seni milik Kun-hee ke museum dan pusat seni lokal.

Karya seni dari seniman lokal ini ditaksir mencapai 2-3 triliun won. Tak hanya itu, keluarga pun rencananya akan mendonasikan sebagian hartanya kepada masyarakat.

Pengamat industri berspekulasi bahwa aset Kun-hee senilai 1 triliun akan disumbangkan kepada masyarakat melalui yayasan sosial kesejahteraan.

Dua aksi donasi ini dikabarkan bisa mengurangi pajak warisan keluarga Kun-hee. Pasalnya, pajak yang harus dibayar keluarga diperkirakan mencapai 2 triliun setiap tahun.

Samsung juga dapat mengungkap kepemilikan keturunan atas saham yang diwariskan. Sebagai informasi, Kun-hee memiliki 4,18 persen saham di Samsung Electronics, 20,76 persen di Samsung Life Insurance, dan 2,88 persen di Samsung C&T.

Seorang sumber mengatakan kemungkinan anak laki-laki Kun-hee, Jae-yong yang akan menjadi pemimpin de facto Samsung Group.

Jae-yong mengontrol grup dengan struktur kepemilikan seperti jaring laba-laba yang menghubungkan Samsung C&T, Samsung Life Insurance, dan Samsung Electronics.

Dia hanya memegang 0,7 persen saham di Samsung Electronics tetapi mengendalikan Samsung Group melalui cengkeramannya di Samsung C&T dengan 17,33 persen saham.

[Gambas:Video CNN]



(age/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK