Ada Aturan Kapasitas, Gerai Makanan di Mal Dipadati Antrean

CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 19:24 WIB
Kokas terpantau ramai di bagian gerai makanan di akhir pekan lebaran, sementara Kemang Village masih terlihat sepi. Ilustrasi pusat perbelanjaan. (Foto: CNN Indonesia/ Syakirun Niam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Libur akhir pekan Idulfitri jadi sarana rekreasi bagi warga Jakarta berkunjung ke sejumlah pusat perbelanjaan. Umumnya, mereka membanjiri tempat makan.

Mal Kota Kasablanka salah satunya. Menjelang Sabtu (15/5) malam atau malam minggu, mal yang berada di Kuningan, Jakarta Selatan tersebut makin ramai pengunjung dibanding siang hari.

Umumnya para pengunjung datang bersama keluarga. Ada keluarga muda dengan satu atau anak di bawah usia 9 tahun, sebagian lagi muda-mudi yang ingin berbelanja dan memanjakan mata.


Dari pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, umumnya keluarga-keluarga itu datang untuk makan. Karenanya sejumlah restoran penuh dan sampai mengantre untuk dapat tempat.

Beberapa di antaranya dengan antrean cukup panjang karena kursi tak bisa terisi penuh. Ini karena ada aturan pembatasan jumlah pembeli di satu lokasi dan keterisian kursi harus berjarak.

Selepas makan, mereka jalan-jalan ke gerai pakaian dan perlengkapan gaya hidup. Pada lebaran ini, sebagian besar toko di Kasablanka tetap buka.

Sekumpulan gadis-gadis pun asik berbelanja. Salah satunya Samira bersama tiga temannya. Mereka pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya untuk melihat, mencoba, dan membeli yang menarik hati.

"Kan dapet duit THR. Saatnya shopping," kata Samira dengan semringah.

"Masa belanja online mulu. Bosen tau," timpal rekannya yang memakai jilbab merah jambu.

Menjelang sore, sekitar pukul 16.35 WIB, suasana di Kasablanka makin ramai. Namun, petugas dengan sigap mengingatkan pengunjung agar patuh menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Infografis BNPB Libur Asyik Tanpa MudikInfografis BNPBFoto: Dok. Satgas Covid-19) Libur Asyik Tanpa Mudik. (

Parkiran motor dan mobil di Kasablanka pun makin penuh menjelang malam ini. Jalanan raya di depan mal pun terlihat kian macet dengan kendaraan yang silih berganti keluar-masuk.

Hal berbeda terjadi di Kemang Village, Jaksel. Saat jam makan siang, sekitar pukul setengah satu, mal di kawasan gaya hidup Kemang tersebut tak begitu ramai. Hanya ada sejumlah pasangan muda dan keluarga muda.

Beberapa gerai makanan bahkan tampak banyak melayani jasa beli online. Mereka mengantre dengan tertib sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan pemerintah.

Sementara itu, kawasan Taman Margasatwa Ragunan juga ramai. Jumlah pengunjung di Ragunan pun dinilai meningkat dibanding hari sebelumnya, Jumat (14/5).

"Hari ini jumlahnya naik dibanding Jumat (14/5). Untuk jumlah pastinya bisa tanya ke Humas Ragunan. Mungkin karena sudah selesai halal bihalalnya. Kan, biasa halal bihalal dua hari," kata petugas di Ragunan saat ditemui.

Diketahui, aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di DKI mewajibkan pusat perbelanjaan atau mal, kafe, restoran, serta bioskop untuk membatasi jam operasional hingga pukul 21.00 WIB. Kapasitas pengunjung pun dibatasi maksimal 50 persen.

Namun, ketentuan ini tidak berlaku untuk zona merah dan oranye yang diminta menyetop seluruh operasionalnya.

(abs/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK