EDUKASI KEUANGAN

4 Tips Siapkan Dana Kurban di Tengah Pandemi Covid-19

Wella Andany, CNN Indonesia | Sabtu, 10/07/2021 13:35 WIB
Umat Muslim akan merayakan Iduladha pada 20 Juli mendatang. Berikut tips menyisihkan dana untuk berkurban dari perencana keuangan. Umat Muslim akan merayakan Iduladha pada 20 Juli mendatang. Berikut tips menyisihkan dana untuk berkurban dari perencana keuangan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Daniela).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kurang dari dua pekan lagi Iduladha akan tiba. Hari raya umat Muslim ini kental dengan ibadah kurban, yakni ibadah menyembelih hewan ternak.

Pemimpin Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kamaruddin Amin menyebut berkurban dalam hukum Islam bersifat sunnah muakkad bagi yang mampu. Pada masa pandemi, ia menyarankan kelompok mampu untuk berkurban demi meringankan beban kelompok rentan.

Bagi yang tidak mampu, kurban tidak wajib. Apalagi, pandemi telah memukul ekonomi masyarakat dari berbagai lapisan.


Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting Tejasari Assad tak memungkiri banyak keperluan yang menambah beban warga akibat pandemi, seperti pos kesehatan yang membengkak akibat tes kesehatan dan asupan vitamin yang bertambah.

Kendati begitu, masih ada beberapa tips untuk menyiasati untuk menyisihkan dana untuk berkurban, seperti berikut:

1. Sisihkan dari Jauh-jauh Hari

Perencana keuangan OneShildt Rahma Mieta Mulia menyebut, idealnya, dana kurban disiapkan sejak jauh-jauh hari.Terlebih, jika Anda tidak punya penghasilan tahunan.

Agar tidak memberatkan, ia menyarankan untuk terlebih dahulu menentukan jenis hewan yang akan dikurbankan dan besaran dana yang dibutuhkan. Misalnya, bila Anda memilih berkurban sapi seharga Rp4 juta-an, Anda bisa mulai menyisihkan Rp350 ribu per bulan selama setahun.

"Sebaiknya memang dana berkurban disiapkan jauh-jauh hari. Apalagi kalau kita tidak punya penghasilan tahunan, agar bisa berkurban harus disisihkan dari penghasilan bulanan supaya tidak memberatkan," jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (9/7).

2. Manfaatkan THR dan Alternatif Lainnya

Bagi sebagian umat Muslim, pos berkurban biasanya masuk dalam pengeluaran rutin tahunan yang dialokasikan dari pendapatan yang bisa diprediksi, misalnya pos THR.

Dalam kasus tidak mendapat bonus tahunan atau THR tahun ini, Rahma menyebut masih ada alternatif lain yang bisa dimanfaatkan.

Contohnya, diambil dari pos dana darurat, dengan catatan dana sudah melebihi kebutuhan untuk 6 bulan. Bila dana darurat masih pas-pasan, Anda disarankan untuk tidak mengambil dari pos ini, terutama di tengah pandemi.

Cek tips menyiapkan dana kurban lainnya pada halaman berikutnya

Sesuaikan Kemampuan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK