6 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan di Rumah

CNN Indonesia
Selasa, 21 Sep 2021 15:11 WIB
Pekerjaan sampingan menjadi alternatif menambah penghasilan di luar pekerjaan tetap. Ada beberapa pekerjaan sampingan di rumah yang bisa jadi referensi. Ilustrasi. Ada beberapa pekerjaan sampingan di rumah yang bisa jadi referensi. (StokPic)

4. Mengajar secara online

Selain dapat dimanfaatkan sebagai penerjemah lepas, kemampuan berbahasa juga dapat digunakan untuk mengajar. Anda bisa mengajar bahasa asing yang dikuasai, utamanya Bahasa Inggris.

Selain bahasa, ada juga beberapa kemampuan lain yang bisa Anda bagikan kepada murid seperti musik, yoga, dan turut serta dalam seminar-seminar tertentu.

Dalam prakteknya, Anda bisa menawarkan jasa mengajar secara personal atau ikut dalam komunitas.


5. Software development

Ilustrasi bekerja dengan komputerIlustrasi. Software development juga jadi pekerjaan sampingan di rumah yang bisa jadi referensi. (morgueFile/wax115)

Perkembangan peranti lunak mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini menjadi kesempatan Anda yang menguasai bidang IT untuk mencari cuan tambahan dengan pekerjaan sampingan sebagai software development.

Software development saat ini banyak diminati, terlebih jika Anda berpengalaman serta menguasai desain UX, Java, PHP, C#, dan setingkatnya. Tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan bayaran yang cukup besar.

6. Digital marketing

Saat ini, jamak setiap usaha, baik besar maupun kecil, dipasarkan melalui internet. Pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran dinilai lebih murah, efektif, dan efisien, serta dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan pengetahuan dan keahlian dalam dunia digital marketing, Anda dapat mencari pekerjaan sampingan sebagai social media specialist. Dalam pemasaran digital, Anda dapat fokus menangani media sosial dan iklan-iklan daring.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa menjadi konsultan pemasaran digital bagi usaha yang sedang berkembang.

Itu-lah jenis pekerjaan sampingan di rumah yang bisa jadi referensi. Yang jelas, apa pun pekerjaannya, kuncinya hanya kerja keras dan selalu ingin berkembang.

(imb/asr)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER