Tips Bergerak saat Terlalu Banyak Duduk karena WFH

tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/03/2021 12:50 WIB
Selama pandemi Covid-19, kegiatan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) telah membuat sebagian orang kurang bergerak dan terlalu banyak duduk. Ilustrasi. Selama pandemi Covid-19, kegiatan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) telah membuat sebagian orang kurang bergerak dan terlalu banyak duduk. (iStock/NoSystem images)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama pandemi Covid-19, kegiatan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) telah membuat sebagian orang kurang bergerak. Kondisi itu pun membuat waktu duduk selama berjam-jam jadi lebih banyak.

Padahal, baik bekerja dari rumah atau tidak, penting untuk berusaha bergerak sepanjang hari untuk menghindari implikasi kesehatan negatif dari aktivitas menetap, seperti peningkatan risiko kanker.

Faktanya, mengambil jeda dari waktu duduk diam yang lama - hanya dengan sedikit olahraga - dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan.


Anda bisa mencobanya dengan bergerak selama tiga menit setiap satu jam dalam kurun waktu 8 jam bekerja. Ini membantu Anda setidaknya berolahraga selama 24 menit setiap hari.

Tambahkan 10 menit lagi berjalan kaki atau naik tangga sebelum atau sesudah bekerja, dan Anda akan memiliki 34 menit setiap hari, atau 170 menit per lima hari kerja. Itu melebihi ambang batas mingguan 150 menit, atau dua setengah jam, yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) - tanpa perlu menginjakkan kaki di gym.

Berikut tips gerakan praktis yang bisa Anda coba agar tetap bergerak selama tiga menit setiap satu jam saat 8 jam bekerja, dilansir dari CNN.

1. Bangun, duduk, dan ulangi

Penting untuk bangun dari kursi Anda setidaknya sekali dalam satu jam. Cara termudah untuk mulai bergerak adalah dengan bangkit dari kursi dan duduk kembali untuk berolahraga.

Pelatih menyebut ini sebagai box squat. Dari berdiri di depan kursi Anda, perlahan-lahan duduklah, lakukan kontak dengan kursi tanpa meletakkan beban penuh Anda di atasnya.

Kemudian fokuskan kaki, tungkai dan pinggul Anda untuk berdiri kembali. Ulangi gerakan ini, dengan kecepatan Anda sendiri, selama tiga menit penuh.

2. Jumping jack

Jumping jack adalah gerakan sisi ke sisi yang sederhana tapi efektif yang membuat jantung Anda berdebar kencang. Meskipun demikian, tidak disarankan untuk melompat dari kursi Anda setiap jam dan segera mulai melakukan jumping jack.

Untuk menghindari potensi cedera setelah duduk dalam waktu lama, pertama-tama persiapkan tubuh Anda untuk segala jenis aktivitas berdampak tinggi. Luangkan satu menit untuk melakukan beberapa gerakan sebelum beralih ke jumping jack.

Tips Bergerak saat Terlalu Banyak Duduk karena WFH

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK