Sharon Ganti Erick Thohir Jadi Menteri BUMN dalam Sehari

Christine Novita Nababan | CNN Indonesia
Rabu, 29 Sep 2021 15:35 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir akan diganti oleh Sharon, finalis muda #GirlsTakeOver selama sehari. Sementara, 5 finalis lainnya menggantikan dirut lima BUMN. Menteri BUMN Erick Thohir akan diganti oleh Sharon, finalis muda #GirlsTakeOver selama sehari. Sementara, 5 finalis lainnya menggantikan dirut lima BUMN. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sharon, finalis kaum muda #GirlsTakeOver program kesetaraan gender di lingkungan BUMN, menjadi pengganti Erick Thohir dari jabatannya sebagai Menteri BUMN dalam sehari. Sharon merupakan finalis berusia 24 tahun dari Jawa Barat.

Selain Sharon, lima finalis lainnya akan menggantikan direktur utama perusahaan pelat merah, yakni Angkasa Pura I, Bank Mandiri, BRI, Kimia Farma, dan Telkomsel. Virdha dari Jawa Tengah menggantikan Direktur Utama AP I Faik Fahmi selama sehari.

Adinda dari Jawa Tengah diberikan tugas menggantikan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi. Indira dari Sulawesi Selatan menggantikan Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo.


Lalu, Sisilia dari Nusa Tenggara Timur akan menggantikan Direktur Utama BRI Sunarso, dan Putri dari Jawa Barat ditugaskan menggantikan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.

"Sharon akan memimpin dua rapat pada Kamis (30/9) nanti. Pertama, memastikan apa program kesetaraan di BUMN berjalan dan kedua, melihat program Kementerian BUMN apakah berpihak pada tiga hal, antara lain pendidikan, lingkungan hidup dan UMKM," ujarnya dalam pengumuman daring di Kementerian BUMN, dilansir Antara, Rabu (29/9).

Sementara untuk Virdha, lanjut Erick, akan mengkaji kesiapan fasilitas bagi penyandang disabilitas. Alasannya, pariwisata sedang terpuruk karena covid-19. Oleh karenanya, fokus pariwisata RI bakal menyasar turis domestik, termasuk para disabilitas. Hasil kajian tersebut nantinya akan dilaporkan langsung oleh Virdha ke Erick.

Untuk Adinda, selaku Direktur Utama Bank Mandiri dalam sehari, dianggap sesuai dengan latar belakangnya yang membidangi informatika. "Kita tahu sekarang lagi tren mengenai bank digital. Saya minta Adinda untuk ke Bank Mandiri dan melapor ke saya bagaimana transisi digital Bank Mandiri," imbuh Erick.

Sedangkan Indira ditantang untuk memperbaiki industri kesehatan RI, terutama di bidang obat-obatan. Kemudian, memetakan bahan baku impor apa saja yang ada di BUMN farmasi tersebut.

"Kimia Farma juga sedang melakukan integrasi pelayanan dengan IHC Pertamedika, coba dilihat sendiri apa kelebihan dan kekurangannya," tutur dia.

Kemudian, Sisilia yang memiliki pengalaman sebagai guru pendidikan anak usia dini (PAUD) akan mempelajari sistem integrasi antara PNM, BRI, dan Pegadaian. Sisilia akan melakukan kajian dan memberikan masukan ke Erick.

Selanjutnya, Putri yang akan menjadi Dirut Telkomsel akan mengkaji persiapan anak usaha Telkom itu untuk menghadapi gelombang kedua disrupsi digital.

"Kita sudah memilih enam finalis kaum muda dari 7.023 pendaftar, ini merupakan angka terbesar. Tentu, yang menarik, di BUMN mentoringnya itu bukan hanya saya, tetapi kedua Wakil Menteri BUMN pun kami libatkan," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(bir/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER