5 Pilihan Properti di Tengah Jakarta dengan Harga Masuk Akal

Yuli Yanna Fauzie, CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 14:23 WIB
Ada beberapa properti di pusat kota Jakarta yang memberikan tawaran harga masuk akal bagi masyarakat. Berikut rinciannya. Ada beberapa properti di pusat kota Jakarta yang memberikan tawaran harga masuk akal bagi masyarakat. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak pekerja muda di Jakarta yang ingin memiliki hunian di tengah kota. Alasannya beragam, mulai dari lelah bolak balik ke tengah kota dari pinggiran, ingin hemat ongkos, hingga mobilitas yang tinggi.

Hal ini tergambar dari survei Jakarta Property Institute (JPI) kepada 300 responden yang berusia 19-39 tahun dengan domisili di Jabodetabek pada Oktober-November 2019. Hasilnya, 54 persen dari total responden ingin tinggal di pusat kota Jakarta, tepatnya di apartemen.

Sebab, 36,7 persen dari responden mengaku perlu waktu 31-60 menit untuk sampai ke kantor. Bahkan, 24 persen di antaranya perlu waktu lebih dari 60 menit. Selain itu, rata-rata 5-10 persen dari gaji mereka yang berkisar Rp5 juta sampai Rp10 juta habis hanya untuk ongkos transportasi.


"Semakin mahal ongkos transportasinya, mereka semakin ingin tinggal di apartemen," ucap Direktur Program JPI Mulya Amri seperti dikutip dari situs resmi mereka, Rabu (13/10).

Kendati minatnya tinggi, tapi tidak semua pekerja muda bisa langsung merealisasikan keinginannya. Maklum saja, harga properti terus naik dari waktu ke waktu, sementara gaji belum tentu.

Kalaupun mau dipaksakan, pastinya properti dengan harga 'masuk akal' yang dicari. Hasil survei lain dari situs properti Rumah.com mencatat masyarakat umumnya ingin properti di tengah kota yang harganya paling banter Rp1 miliar.

"Minat terbanyak berasal dari harga di bawah Rp1 miliar, yakni sebanyak 57 persen," ujar Country Manager Rumah.com Marine Novita kepada CNNIndonesia.com.

Sementara yang sanggup membeli properti kelas menengah ke atas sekitar Rp1 miliar hingga Rp3 miliar cuma sekitar 20 persen dari total pencarian properti di Rumah.com. Selain soal harga, minat masyarakat pada properti di tengah kota tentunya juga karena mempertimbangkan akses yang dekat dengan moda transportasi hingga fasilitas publik, seperti mal, supermarket, restoran, rumah sakit, dan lainnya.

[Gambas:Video CNN]

Nah, kira-kira di mana saja properti tengah kota yang cocok untuk pekerja muda? Colliers International Indonesia, salah satu konsultan properti memberikan lima pilihan properti di tengah kota bagi pembaca. Berikut rekomendasinya:

1. Bassura City

Properti yang berlokasi di Jatinegara, Jakarta Timur ini dikembangkan oleh Synthesis Development. Apartemen ini didirikan dalam dua tahap, yaitu Bassura City Fase 1 dengan enam tower dan Bassura City Fase 2 dengan dua tower.

Pengembang mengklaim Apartemen Bassura City memiliki beberapa keunggulan. Pertama, akses dekat dengan kawasan perkantoran Kuningan-Rasuna Said, di mana waktu tempuh hanya butuh sekitar 8 menit.

Selain itu juga dekat dengan akses tol dalam kota, Tol JORR, Jalan Layang Kasablanka, hingga stasiun KRL. Kedua, beragam fasilitas, mulai dari kolam renang, area bermain anak, pusat kebugaran, mal, supermarket, kafe, bioskop, ATM, pengamanan 24 jam, parkir, dan lainnya.

Ketiga, harga terjangkau. Berdasarkan pencarian redaksi di Rumah.com, harga Apartemen Bassura City tipe studio dibanderol dengan harga mulai Rp306 juta hingga Rp369 juta. Sementara hunian dengan dua kamar tidur sekitar Rp410 juta sampai Rp680 juta dan hunian tiga kamar tidur berkisar Rp660 juta hingga Rp950 juta.

2. Green Pramuka City

Apartemen yang berlokasi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat ini mengusung konsep mixed use area, yaitu hunian sekaligus pusat perbelanjaan yang terintegrasi dalam satu kawasan. Hunian ditawarkan dalam tipe studio, studio+, dan dua kamar tidur yang tersebar di lima tower, di mana kelimanya memiliki akses langsung ke Mall Green Pramuka Square.

Manajemen Green Pramuka City mengungkapkan ada beberapa hal yang ditawarkan kepada calon penghuni. Pertama, lokasi di tengah kota dengan akses yang mudah 'ke sana-sini'.

Kedua, ragam fasilitas, seperti Mal Green Pramuka Square dengan berbagai toko ritel hingga supermarket di dalamnya. Lalu ada juga ruko komersial, restoran, kolam renang, arena bermain anak, tempat ibadah, klinik kesehatan, parkir, pengamanan 24 jam, dan lainnya.

Ketiga, apartemen menggunakan furnitur yang berkualitas baik, efisien, dan fungsional. Keempat, bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menciptakan kawasan bebas narkoba dan Kantor Imigrasi untuk meminimalisir warga negara asing (WNA) ilegal.

Untuk harga, apartemen ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp270 juta hingga Rp300 juta untuk tipe studio. Sementara tipe hunian dua kamar sekitar Rp300 juta sampai Rp520 juta. Sedangkan penawaran langsung dari pengembang mulai dari Rp490 juta untuk tipe dua kamar tidur.

3. Grand Dhika City

Hunian ini terletak di Kota Bekasi, Jawa Barat. Kendati tidak benar-benar di pusat ibu kota, melainkan kota penyangga, namun pengembang menilai apartemen ini bisa diperhitungkan. Sebab, memiliki konsep transit oriented development (TOD), di mana hunian langsung terhubung dengan akses transportasi ke stasiun LRT.

Kebetulan, Grand Dhika City dibangun oleh PT Adhi Persada Properti, anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk yang tengah membangun LRT. Oleh karenanya, pengembang menjanjikan akses dan lokasi yang strategis kepada calon penghuni.

Selain itu, apartemen berlokasi tak jauh dari Tol Bekasi Timur dan berada di antara Jakarta dan Kawasan Industri Cikarang. Pengembang mengklaim calon penghuni hanya perlu waktu 2 menit ke Halte Trans Jabodebek, 10 menit ke Stasiun KRL Bekasi Timur, dan 30 menit ke Bandara Halim Perdana Kusuma.

Sementara dari sisi fasilitas, TOD ini memiliki kolam renang, area bermain anak, pusat kebugaran, spa, tempat ibadah, ruang serbaguna, area kafe, ATM Center, hingga ruko komersial bagi penghuni. Apartemen berhadapan langsung dengan Green Walk Mall, 15 menit ke Grand Metropolitan Mall, Mega Bekasi Mall, Bekasi Cyber Park Eletronic Centre, dan 35 menit ke Summarecon Mall Bekasi.

Hunian juga dekat dengan pusat olahraga seperti Stadion Patriot Chandrabhaga dan Royale Golf Halim serta rumah sakit, di mana calon penghuni hanya perlu 5 menit ke RS Awal Bros Bekasi Timur dan 8 menit ke RS Mitra Keluarga Bekasi Timur.

Unit yang ditawarkan terdiri dari empat tipe, yaitu studio, studio corner, dua kamar tidur, dan dua kamar tidur corner. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp390 juta untuk tipe studio.

HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK