Pengertian dan Manfaat Pendapatan Nasional

Tim | CNN Indonesia
Senin, 29 Nov 2021 14:05 WIB
Berikut pengertian dan manfaat pendapatan nasional, serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Ilustrasi. Berikut pengertian dan manfaat pendapatan nasional, serta faktor-faktor yang memengaruhinya. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendapatan tak cuma dimiliki oleh individu dan lembaga, tapi juga negara sebagai satu kesatuan. Berikut pengertian dan manfaat pendapatan nasional, serta faktor yang memengaruhinya.

Pendapat nasional sendiri mencakup pendapatan dari seluruh rumah tangga keluarga di setiap negara dalam periode tertentu. Umumnya, pendapatan nasional dihitung setiap satu tahun.

Konsep ini pertama kali dicetuskan oleh Sir William Petty. Di tahun 1665, William Petty berusaha menaksir pendapatan nasional negaranya, Inggris.


Pengertian Pendapatan Nasional

Pekerja melintas di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa, 16 Februari 2021. CNN Indonesia/Adhi WicaksonoIlustrasi. Ada beberapa manfaat pendapatan nasional. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Negara mendapatkan pendapatannya dari pajak, retribusi daerah, hibah, dan lain-lain. Pendapatan yang didapatkan oleh suatu negara bisa disebut sebagai pendapatan nasional.

Mengutip modul ekonomi Pendapatan Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pendapatan nasional diartikan sebagai keseluruhan jumlah pendapatan yang diperoleh semua masyarakat atau pelaku ekonomi yang tinggal di suatu negara dalam kurun waktu tertentu.

Kesejahteraan masyarakat dapat menggambarkan pendapatan nasional negara. Dengan demikian, setiap warga negara tentunya turut berperan aktif dalam menentukan pendapatan nasional.

Jika dilihat dari jumlah barang dan jasa yang dihasilkan, pendapatan nasional dikelompokkan menjadi gross domestic product (GDP), gross national product (GNP), net national product (NNP), net national income (NNI), personal income (PI), dan disposable income (DI).

Manfaat Pendapatan Nasional

Ada beberapa manfaat pendapatan nasional yang perlu diketahui. Berikut mengutip buku Ensiklopedia Seri Pendapatan Nasional yang ditulis oleh Chabibah.

1. Untuk keperluan analisis ekonomi serta perencanaan pembangunan nasional.
2. Sebagai salah satu tolok ukur atau instrumen untuk menilai keberhasilan pembangunan nasional.
3. Untuk mengetahui hasil-hasil pembangunan.
4. Untuk menyusun rencana pembangunan nasional lebih rinci.
5. Untuk membandingkan kemajuan perekonomian antar-negara.
6. Menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekonomian terhadap pendapatan nasional.
7. Untuk mengetahui tingkat kemakmuran masyarakat.

Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Nasional

Pekerja melintas di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa, 16 Februari 2021. CNN Indonesia/Adhi WicaksonoIlustrasi. Selain itu, ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Pendapatan nasional merupakan total nilai output suatu negara dari semua produk yang diproduksi selama satu tahun. Angka ini dapat dijadikan tolok ukur untuk mengetahui tingkat kegiatan ekonomi dalam periode tertentu.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi pendapatan nasional. Berikut di antaranya.

1. Konsumsi dan tabungan

Konsumsi merupakan total pengeluaran yang dikeluarkan untuk memperoleh produk dalam satu tahun. Sementara tabungan merupakan bagian dari pendapatan yang tidak dikeluarkan atau disimpan.

Naiknya konsumsi dan tabungan masyarakat dapat meningkatkan pendapatan nasional.

2. Investasi

Investasi merupakan aktivitas menempatkan modal ke suatu pihak dengan harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Dana atau aset yang ditanamkan investor akan dikembangkan oleh pihak atau lembaga yang mengelola.

Peningkatan investasi dalam negeri akan turut meningkatkan produksi nasional, yang pada akhirnya akan memengaruhi pendapatan nasional.

3. Permintaan dan penawaran agregat

Permintaan agregat merupakan keseluruhan permintaan masyarakat terhadap produk pada harga tertentu. Sedang penawaran agregat merupakan keseluruhan penawaran produk yang ditawarkan produsen. Kedua hal tersebut dapat meningkatkan pendapatan nasional.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan manfaat pendapatan nasional, serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Semoga membantu!

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER