Rusia Bayar Utang Rp1,44 T Lebih Cepat Hindari Gagal Bayar

dzu | CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 11:28 WIB
Rusia mengaku telah membayar utang sekitar Rp1,44 triliun seminggu lebih cepat dari waktu jatuh tempo demi menghindari gagal bayar. Rusia mengaku telah membayar utang sekitar Rp1,44 triliun seminggu lebih cepat dari waktu jatuh tempo demi menghindari gagal bayar. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Rusia mempercepat pembayaran utang sebesar U$99,26 juta atau Rp1,44 triliun (asumsi kurs Rp14.600 per dolar AS) pada Jumat (20/5) atau seminggu sebelum jatuh tempo demi mencegah gagal bayar (default).

Mengutip Reuters, Senin (23/5), Kementerian Keuangan Rusia mengatakan telah mentransfer dana sebesar US$71,25 juta atau Rp1,04 triliun untuk pembayaran kupon eurobond berdenominasi dolar AS yang jatuh tempo pada 2026 dan 26,5 juta euro atau US$28 juta (Rp408,8 miliar) yang jatuh tempo pada 2036.

Beberapa pihak sebelumnya memproyeksi Rusia gagal bayar sejak AS dan Eropa memberikan sanksi ekonomi karena telah menyerang Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu.


Rusia terputus dari sistem keuangan global dan lebih dari setengah cadangan dana sekitar US$640 miliar telah dibekukan.

Rusia dapat membayar utang sampai sekarang karena mendapatkan lisensi khusus dari Kementerian Keuangan AS. Namun, lisensi itu akan berakhir pada 25 Mei 2022 mendatang.

Sementara, Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengisyaratkan tidak akan memperpanjang lisensi tersebut.

Manager Aset Neuberger Barman Kaan Nazli yang memegang beberapa obligasi Pemerintah Rusia mengatakan negara tersebut awalnya berencana menahan pembayaran kepada investor asing.

Kecuali, jika diizinkan untuk menggunakan cadangan yang dibekukan di luar negeri.

"Tapi strategi berubah menjadi Rusia tidak ingin menjadi pihak yang harus disalahkan atas default," tutup Nazli.

[Gambas:Video CNN]

(dzu/aud)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER