Menhub Terbang ke Jepang Percepat Proyek MRT dan Pelabuhan Patimban

CNN Indonesia
Selasa, 21 Jun 2022 14:23 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi bertemu dengan pejabat dan pengusaha di Jepang guna mempercepat pembangunan infrastruktur, termasuk MRT dan Pelabuhan Patimban. Menhub Budi Karya Sumadi bertemu dengan pejabat dan pengusaha di Jepang guna mempercepat pembangunan infrastruktur, termasuk MRT dan Pelabuhan Patimban. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan sejumlah pejabat dan pengusaha di Jepang untuk membahas proyek infrastruktur di RI, khususnya MRT dan Pelabuhan Patimban.

"Kedua negara sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama di berbagai sektor, termasuk transportasi," ucap Budi, dikutip dari Antara, Selasa (21/6).

Beberapa pejabat yang dimaksud adalah Dubes RI di Tokyo Heri Akhmadi, Penasehat Khusus Perdana Menteri Mori Masafumi, Menteri Transportasi Jepang Saito Tetsuo, dan Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Maeda.


"Kami menyampaikan kepada pemerintah Jepang untuk mendorong korporasi swasta mereka berpartisipasi pada sejumlah proyek infrastruktur transportasi di Indonesia," jelas Budi.

Ia mengatakan proyek infrastruktur yang dibahas, antara lain MRT North-South dan East-West, Pelabuhan Patimban Fase 1-2 (Paket 5 dan 6), dan pembangunan proving ground.

Menurutnya, pembangunan transportasi harus terus dilanjutkan untuk memperlancar konektivitas antara wilayah, menciptakan titik ekonomi baru, dan peradaban baru.

"Di tengah keterbatasan fiskal, kami harus semakin intensif mencari pendanaan kreatif di luar APBN yang melibatkan pihak swasta nasional maupun asing agar pembangunan dapat terus berlanjut," jelas Budi.

Budi sendiri dijadwalkan bertemu dengan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Yamanaka Shinichi, mantan PM Jepang Fukuda, serta President & CEO Toyota Tsusho Corporation Kashitani pada Rabu (22/6).

[Gambas:Video CNN]



(dzu/dzu)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER