Daftar Barang yang Harganya Naik Sejak Awal Tahun

tim | CNN Indonesia
Rabu, 05 Okt 2022 14:51 WIB
Sejumlah barang makin mahal sejak awal tahun usai pandemi covid-19 mulai dari BBM hingga LPG. Berikut daftarnya. Sejumlah barang makin mahal sejak awal tahun usai pandemi covid-19 mulai dari BBM hingga LPG. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Farid).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) sejak Sabtu, 3 September 2022. Keputusan tersebut sejalan dengan kenaikan harga minyak dunia yang terjadi sejak awal tahun.

Namun, ternyata tak hanya harga BBM yang naik. Harga sejumlah bahan pokok juga mengalami kenaikan yang dipicu oleh berbagai faktor, utamanya perang Rusia dan Ukraina yang mengakibatkan krisis pangan.

Selain itu, beberapa bulan lalu juga ada kenaikan harga minyak goreng karena pasokan yang terbatas. Kondisi saat itu membuat pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah Rp14 ribu per liter.

Berikut daftar harga barang yang mengalami kenaikan sejak awal tahun yang telah dirangkum CNNIndonesia.com pada Rabu (5/10):

BBM

Pemerintah menaikkan BBM untuk jenis pertalite, solar dan pertamax pada awal September lalu meski saat ini harga pertamax kembali diturunkan sedikit.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan ada tiga faktor yang membuat pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM subsidi. Pertama, konsumsi pertalite dan solar yang telah melebihi kuota sehingga anggaran subsidi naik.

Kedua, kurs nilai tukar rupiah yang mencapai Rp14.750 per dolar AS. Jauh di atas yang ditetapkan di APBN 2022 senilai Rp14.350 per dolar AS.

Ketiga, harga ICP yang terus melonjak dan capai US$100 per barel pada Juli lalu. Meski harga ICP turun, tapi secara rata-rata masih lebih tinggi dari proyeksi di APBN 2022 US$64 per barel.

"Hingga saat ini, kami terus memantau pergerakan harga ICP karena harga rata-rata ICP hingga Juli US$104,9 per barrel. Jika harga ICP turun US$90 per barrel Agustus-Desember 2022, maka harga rata-rata satu tahun ICP Indonesia adalah US$99 per barrel," ujarnya dikutip dari akun instagram resminya.

Menurut Sri Mulyani, kalaupun harga ICP turun hingga di bawah US$90 per barrel, maka rata-rata ICP Indonesia setahun masih US$97 per barrel,

Jika dilihat ke belakang, kenaikan harga BBM juga pernah dilakukan pemerintah pada awal tahun, tepatnya 12 Februari 2022 untuk nonsubsidi.

Saat itu, jenis BBM nonsubsidi yang naik harga adalah pertamax turbo, pertamina dex, dan dexlite. Kenaikan tersebut bervariasi untuk setiap daerah di Indonesia, mulai dari Rp1.500 per liter untuk pertamax turbo hingga Rp2.650 per liter untuk dexlite.

Telur Ayam

Harga telur ayam sempat tembus Rp30 ribu per kilogram di sejumlah pasar pada Agustus 2022 lalu.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri harga telur ayam tercatat tertinggi dalam sejarah atau lima tahun terakhir.

Saat itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berdalih kenaikan harga terjadi karena program bansos tersebut, sehingga permintaan akan telur tinggi.

"Telur itu kenapa mahal karena ada program dari Kemensos bagi-bagi sosialnya itu dalam bentuk telur. Jadi ada satu waktu pesannya itu banyak sekali, sehingga harga naik," kata Zulkifli saat memantau harga sembako di Pasar Al Mahirah, Banda Aceh.

Namun, ia memastikan kenaikan harga telur tersebut tidak akan berlangsung lama. Menurutnya, harga telur akan kembali normal dalam waktu dekat. "Tapi ini naiknya hanya sementara, setelah itu akan stabil," kata Zulhas.

Berdasarkan infopangan.jakarta.go.id, Rabu (5/10), harga telur ayam ras saat ini sebesar Ro24.840 per kg.

Minyak Goreng

Kenaikan harga minyak goreng pada awal tahun lalu sempat menjadi polemik. Bagaimana tidak, stok minyak goreng dalam negeri terbatas padahal Indonesia menjadi salah satu penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

Saat itu harga minyak goreng tembus Rp30 ribu per liter, biasanya sekitar Rp14 ribu - Rp16 ribu per liter untuk kemasan premium.

Dengan kondisi ini, maka Kementerian Perdagangan menetapkan HET untuk minyak goreng Rp14 ribu per liter dan mengeluarkan produk minyak sendiri yakni MinyaKita dengan harga lebih terjangkau.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Daging Sapi hingga LPG

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER