Makanan Sehat

Cara Menyimpan Susu Agar Nutrisinya Terjaga

Karina Armandani, CNN Indonesia | Jumat, 21/11/2014 18:45 WIB
Cara Menyimpan Susu Agar Nutrisinya Terjaga Ilustrasi susu (Getty Images/Miles Higgins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Susu mengandung banyak nutrisi penting seperti protein dan kalsium. Sayangnya, bila tidak disimpan dengan baik nilai gizinya bisa berkurang atau malah hilang sama sekali. Lantas bagaimana cara menyimpan susu yang benar?

"Susu harus disimpan di temperatur di bawah 4 derajat Celsius," ujar pakar nutrisi Emilie E. Achmadia, saat ditemui dalam acara Asian Premiere of Greenfields Strawberry Milk, di Central Park Mall, Jumat (21/11).

Dijelaskan Emilia, untuk menjaga kandungan nutrisinya, susu tidak boleh terkena sinar ultraviolet (UV) atau matahari secara langsung.


"Susu akan dirusak dengan sinar UV, maka itu produsen susu juga harus mengemasnya dengan kemasan yang tidak dapat tertembus UV," kata Emilia menambahkan.

Tanpa disimpan di suhu dingin, susu cair dalam kemasan yang sudah dibuka biasanya hanya akan bertahan dalam waktu beberapa jam, karena adanya perkembangan bakteri. Oleh karena itu, di setiap kemasan susu umumnya dijelaskan susu kemasan yang sudah dibuka harus segera dihabiskan.

"Dengan penyimpanan yang baik, susu akan bertahan dengan manfaatnya selama 2-3 minggu," tutur Emilia.

(Baca juga: Manfaat Susu Tak Sekadar untuk Tulang Sehat)