Hidup Sehat

7 Alasan Mencintai Matahari Pagi

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 11/01/2015 08:29 WIB
7 Alasan Mencintai Matahari Pagi Ilustrasi perempuan berolahraga di pagi hari. (GettyImages/ Elenathewise)
Jakarta, CNN Indonesia -- Matahari adalah sebuah bintang besar yang bersinar terang di siang hari. Sinar matahari pagi yang memiliki pancaran cahaya terang dan sinar hangat memang punya banyak manfaat untuk tubuh.

Tak hanya mampu mengurangi risiko serangan penyakit, misalnya psoriasis dan infeksi jamur. Dilansir dari laman  Boldsky, sinar matahari juga mengandung vitamin D yang menyembuhkan sklerosis, alergi, asma, infeksi bahkan depresi.

Selain itu, masih ada banyak alasan untuk mencintai hangatnya pancaran sinar matahari pagi. Ini beberapa alasan untuk bisa bangun lebih pagi dan menikmati sinarnya.


1. Pembangkit mood
Penelitian menunjukkan bahwa berada di bahwa paparan sinar matahari pagi akan membantu membuat pikiran jadi lebih santai. Kehangatannya juga akan melunturkan stres.

2. Baik untuk jantung
Sinar matahari akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sinar ini juga akan mengurangi tingkat kolesterol dan membantu meningkatkan keseharan jantung. Berjemur di bawah sinarnya beberapa waktu akan menjadi sebuah 'olahraga jantung' tersendiri.

3. Mencegah kanker
Manfaat sinar matahari tidaklah terbatas. Sinar ini juga akan membantu mencegah kanker payudara, kolon dan prostat. Sinar matahari akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan membunuh sel-sel kanker dan regenarasi sel. Namun hati-hati, terlalu lama dan banyak terpapar sinar matahari juga akan membuat kanker kulit.

4. Meningkatkan imun tubuh
Imun tubuh bertujuan untuk mengatasi semua serangan penyakit. Jika imun tubuh sangat lemah maka tubuh akan mudah sakit. Matahari akan membantu meningkatkan imun tubuh dengan meningkatkan sel darah putih dan gamma globulin. Dengan demikian tubuh pun akan terhindar dari segala jenis virus dan bakteri.

5. Tidur lebih nyenyak
Ketika sinar matahari mengenai mata, sinyal tersebut akan sampai ke otak. Hal ini akan meningkatkan produksi melatonin yang akan membantu memperbaiki kenyamanan tidur malam.

6. Membersihkan tubuh dan membuat kulit lebih sehat
Berjalan-jalan di bawah sinar matahari beberapa jam akan membuat tubuh berkeringat. Keringat akan mengurangi senyawa tak berguna dari tubuh. Ini menyebabkan tubuh membutuhkan banyak air untuk mengganti cairan tubuh dan membuatnya lebih sehat.

7. Menjaga tubuh tetap bersemangat
Sinar matahari akan meningkatkan kemampuan sel darah merah ini untuk membawa okseigen ke otak. Akibatnya Anda akan menjadi tetap aktif dan berenergi.


(chs/utw)