Negara yang Warga Perempuannya Paling Sering Tidak Mandi

Windratie, CNN Indonesia | Rabu, 25/02/2015 07:15 WIB
Negara yang Warga Perempuannya Paling Sering Tidak Mandi Ilustrasi. (Thinkstock/VladimirFLoyd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perempuan diidentikkan dengan selalu menjaga kebersihannya. Bagaimana jadinya jika kaum hawa meninggalkan kebiasaan bersih tersebut? 

Itulah yang terjadi pada mayoritas perempuan di Inggris. Menurut penelitian, sebagian besar perempuan di Inggris tidak mandi mandi satu kali dalam sehari. Alasannya, karena mereka terlalu lelah.

Survei tersebut juga menunjukkan, satu dari tiga perempuan mengaku, sudah selama tiga hari mereka tidak mencuci dan membasuh tubuh atau wajah mereka sama sekali.


Sejumlah 57 persen perempuan mengakui bahwa kebersihan itu penting. Namun, juga mengatakan bahwa mereka tidak punya cukup waktu untuk mandi atau mandi sebelum tidur. Sebaliknya, mereka lebih memilih menyegarkan diri dengan tisu. 

Survei terhadap 2000 perempuan ini juga menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen perempuan tidak menghapus riasan wajah sebelum tidur malam. Sementara, sebanyak 35 persen perempuan mengatakan mereka khawatir untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.   

Saat ditanya, apakah mereka mencuci wajah di pagi hari, hanya seperlima perempuan yang mengatakan mereka mandi setiap hari. Sementara, lebih dari 30 persen mengakui mereka tidak mencuci wajah selama tiga hari berturut-turut.



Meski begitu, sebanyak 92 persen peserta mengaku paham akan pentingnya perawatan kulit. Mereka pun mengakui bahwa faktor gaya hidup, seperti kurang tidur dan dehidrasi dapat memengaruhi penampilan kulit mereka. 

Hampir 90 persen perempuan yang disurvei berkata, mereka tidak meningkatkan kebersihan diri karena terlalu lelah di pagi atau sore hari.

Menurut lembaga kesehatan National Health Service, untuk mempertahankan tingkat dasar kebersihan, seseorang harus mencuci muka dan menggosok gigi setiap hari, membersihkan tangan setelah menggunakan toilet, mencuci alat kelamin dan daerah anal setiap hari, dan mandi keseluruhan.