Sama Seperti Tubuh, Rambut Juga Butuh Parfum

Rahmi Suci Ramadhani, CNN Indonesia | Minggu, 08/03/2015 10:05 WIB
Sama Seperti Tubuh, Rambut Juga Butuh Parfum Ilustrasi membersihkan rambut. (Thinkstock/Deklofenak)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekalipun baju, sepatu dan make-up yang dipakai sudah keren, namun apa gunanya jika rambut Anda lepek dan bau? Tak dimungkiri, memang sulit rasanya menghindari polutan penyebab rambut berbau apak.

Namun nyatanya, rambut bau bukan hanya karena polusi kendaraan bermotor, asap rokok atau debu. Stres ternyata juga bisa menyebabkan rambut jadi bau. Stres akan membuat minyak di kulit kepala diproduksi berlebihan.

Minyak yang berlebihan ini membuat rambut jadi lepek dan berbau. Kalau sudah begini, kepercayaan diri pun jadi menurun kala sedang beraktivitas.


Sebenarnya, bau ini hanya bisa dihilangkan dengan keramas. Sayang, berdasarkan hasil penelitian Makarizo Indonesia, perusahaan manufaktur produk perawatan rambut dan kosmetika, perempuan Indonesia hanya sempat keramas setiap dua hari sekali.

Namun sebuah inovasi baru dikembangkan untuk membuat rambut tetap wangi dengan langkah yang instan, yaitu dengan parfum. Hanya saja, kali ini parfum dikhususkan untuk rambut saja.

Pada dasarnya, ide pembuatan parfum rambut ini sama seperti parfum tubuh. Dengan pertimbangan aroma favorit, sensitivitas kulit rambut dan elemen pendukung di bagian kulit kepala, parfum rambut dibuat bahan alami. Misalnya, kiwi, royal jelly, minyak zaitun, melon, dan lidah buaya.

Selain kandungan bahan alami, parfum rambut juga memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Hanya saja, kandungan alkoholnya lebih rendah dibanding parfum tubuh.

"Kandungannya hanya 40 persen, sementara parfum bisa mencapai 50 sampai 70 persen," ujar Yohan Christian, Marketing Manajer Beauty Care Business Unit PT Akasha Wira Internasional, induk yang menaungi Makarizo.

Meskipun dapat menghilangkan bau dengan seketika, perlu diingat bahwa parfum rambut tidak berfungsi membersihkan kotoran di rambut yang menimbulkan apek. Produk perawatan ini juga tidak dapat diandalkan sebagai penutrisi rambut meskipun memiliki kandungan vitamin dan UV Protection.

"Untuk membersihkan tetap harus keramas. Parfum rambut hanya untuk menetralkan dan membuat wangi rambut," ujarnya Yohan.

(utw/utw)