Cara Terbaik untuk Tetap Sehat Selama Bekerja

Rahmi Suci Ramadhani, CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2015 07:51 WIB
Cara Terbaik untuk Tetap Sehat Selama Bekerja Ilustrasi meja kerja. (Picography/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akhir-akhir ini, perawatan kesehatan menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Bahasannya tidak hanya seputar menjaga kesehatan di rumah namun juga saat bekerja di kantor. Beberapa perusahaan juga mulai serius dalam mempromosikan kesehatan para karyawannya.

Bagi seorang pekerja, memiliki badan yang sehat memberi banyak manfaat di antaranya lebih sedikit absen dari pekerjaan, produktivitas lebih besar, dan terhindar dari stres. Sehat juga tentunya kabar baik bagi kantong karena biaya perawatan kesehatan dan asuransi kesehatan yang perlu dikeluarkan akan jauh lebih rendah.

Lalu, bagaimanakah cara agar para pekerja tetap sehat? Berikut adalah 10 aktivitas terbaik untuk menjaga kesehatan di tempat kerja, dikutip dari Huffington Post.


1. Sering mencuci tangan
Langkah utama untuk menghindarkan diri Anda dari sakit adalah dengan mencuci tangan. Walau demikian, tampaknya masih belum banyak orang yang menganggap cuci tangan sebagai hal yang serius.

Cucilah tangan Anda sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah bersin atau batuk. Cuci sesering mungkin karena tenang saja tak ada yang namanya terlalu sering mencuci tangan.

2. Jaga kebersihan area kerja
Rata-rata meja kerja mengandung seratus kali lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet. Oleh karena itu, jagalah area kerja Anda tetap tersusun rapi. Rapikan meja setiap hari sesaat sebelum pulang kerja.

Selain itu, simpan lap dan cairan pembersih atau pensteril di meja kerja Anda. Bersihkan permukaan meja secara teratur.

3. Cukup minum
Terhidrasi dengan baik sangat penting bagi produktivitas, energi, dan kesehatan Anda secara menyeluruh. Air membantu Anda tetap waspada dan segar. Cukup minum juga meningkatkan pikiran yang jernih. Beli botol minum besar yang dapat Anda simpan di atas meja kerja dan isi ulang setiap hari.

4. Sedia pembersih tangan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mencuci tangan harus dilakukan banyak kesempatan. Meski demikian, saat bekerja Anda mungkin tidak dapat terlalu sering beranjak dari meja kerja Anda.

Dalam kasus tersebut, misalnya setelah bersin atau batuk, segera gunakan pembersih tangan alias hand sanitizer. Sediakan hand sanitizer di meja kerja Anda sehingga ia dapat mudah digunakan saat dibutuhkan.

5. Hindari rekan kerja yang sedang sakit
Sebisa mungkin, hindari interaksi yang telalu dekat dengan rekan kerja yang sedang sakit atau menunjukkan gejala-gejala akan sakit. Cuci tangan setelah Anda menghabiskan waktu atau berada di dekat area kerja rekan yang sakit.

Di samping itu, memastikan manajemen kantor untuk menyadari bahwa ada seseorang yang bekerja di saat sakit merupakan ide bagus. Sebab, akan lebih baik untuk semua orang kantor jika mereka yang sakit tinggal di rumah untuk beristirahat.

6. Makan yang baik, termasuk makan siang sehat
Rencanakan menu makanan Anda untuk satu minggu, termasuk apa yang akan Anda santap untuk makan siang. Luangkan waktu di malam hari untuk menyiapkan makan siang sehat esok hari.

Pastikan makanan Anda mengandung protein, salad atau sayuran segar, juga buah-buahan segar untuk energi sepanjang hari.

7. Istirahat dan keluar untuk dapatkan matahari dan udara segar
Pastikan Anda mendapatkan asupan vitamin D yang cukup setiap hari dengan keluar ruangan setiap hari. Bahkan saat hari-hari kerja paling sibuk, amat penting keluar ruangan untuk beberapa menit saja.

Segarkan diri Anda di luar ruangan dan sempatkan diri berjalan-jalan santai di sekitar gedung kantor Anda. Atau tenangkan diri Anda sejenak dari kesibukan kerja dengan duduk dan bermeditasi dikelilingi oleh alam.

8. Makan camilan
Untuk kesehatan dan energi yang optimal, pastikan Anda menyediakan camilan sehat di meja kerja Anda yang dapat Anda kunyah setiap kali rasa lapar menyerang. Tinggalkan makanan cepat saji dari vending machine dan beralih pada buah-buahan, kacang, yoghurt, dan keju.

Saat jeda antara satu waktu makan dengan yang lainnya, kadar gula dalam tubuh menurun sehingga kerap mendorong Anda mengambil makanan cepat saji atau makanan manis yang tersedia di dekat Anda. Alih-alih demikian, usahakan makan setiap dua atau tiga jam untuk menjaga kadar gula darah stabil dan energi meningkat untuk sepanjang hari.

9. Batasi konsumsi kafein
Anda boleh jadi amat menyukai kopi, namun ingatlah untuk meminum kopi dan makanan atau minuman lain yang mengandung kafein secukupnya. Cobalah mengurangi konsumsi kafein, batasi hanya satu cangkir saja pada pagi hari.

Anda juga dapat mengurangi konsumsi kalori dan gula dengan meminum kopi tanpa krim atau gula. Rasanya mungkin tak senikmat biasanya, namun itu amat baik untuk kesehatan.

10. Atur stres dengan tepat
Sebagian besar pekerja hidup dengan rima kerja yang cepat sehingga sering dirundung kesibukan. Banyak perusahaan yang menuntut pekerjanya untuk melakukan banyak hal dengan sedikit pengorbanan.

Agar bisa bekerja dengan efektif dan tetap sehat, Anda harus belajar mengatur tingkat stres Anda dengan baik. Entah meluangkan waktu untuk spa, bersama keluarga, atau buku yang bagus, carilah aktivitas yang merelaksasi Anda. Pastikan menjaga kesehatan sebagai prioritas utama.


(mer/mer)