Tujuh Pereda Nyeri Sinus Secara Alami

Utami Widowati, CNN Indonesia | Selasa, 24/03/2015 09:43 WIB
Ilustrasi nyeri sinus disekitar hidung,. (Dok Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mereka yang pernah mengalami rasa nyeri yang menekan pada sinus —  yakni area antara hidung dan pipi — tentu paham bagaimana tak nyamannya serangan itu. Untungnya sebenarnya banyak obat-obatan alami untuk meredakan sakit sinus. Baik itu yang disebabkan oleh flu biasa, alergi atau infeski sinus (sinusitis)

Sinus adalah sejumlah ‘rongga’ kosong di dalam tulang yang mengelilingi hidung. Sinus menghasilkan mucus atau lendir yang bisa membanjiri hidung saat kita terserang flu. Jika hidung jadi membengkak karena peradangan, ini bisa menghalangi sinus dan menyebabkan rasa nyeri, penyumbatan, batuk, suara jadi sengau, dan kadang sakit gigi dan nyeri di wajah.

Sinusistis bisa jadi akut — menyerang selama empat minggu setelah flu — atau kronis yang bisa menyerang selama berbulang-bulan atau bertahun-tahun. Menurut National Institute of Allergy and Infectious Diseases, alergi, masalah saluran pernafasan, dan kondisi tertentu seperti cystic fibrosis bisa menyebabka sinusitis yang akut dan kronis.


Beberapa pengobatan alami seperti dikutip dari everyday health ini bisa meringankan serangan sinusitis.

HALAMAN :
1 2 3 4 ... 8