Pesona Pantai Ora, Maladewa-nya Indonesia

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2015 15:10 WIB
Pesona Pantai Ora, Maladewa-nya Indonesia Ilustrasi liburan pantai. (CNN Indonesia internet/ romaneau/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Air laut yang jernih dengan hamparan koral indah yang terlihat jelas dari permukaan, serta warna matahari terbenam yang romantis di pantai yang sepi, benar-benar lokasi yang indah untuk berbulan madu. Istimewanya lagi, Anda tak perlu pergi jauh-jauh ke benua seberang untuk dapat menikmati keindahan ini.

Tak perlu jauh-jauh terbang ke Maladewa. Anda hanya perlu pergi ke Kepulauan Maluku, tepatnya di Maluku Tengah. Ada sebuah pantai bernama Pantai Ora yang memiliki pesona luar biasa.

Dilansir dari Indonesia Travel, pesona keindahan Pantai Ora dinilai layak disejajarkan dengan pantai-pantai indah lainnya seperti Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik.


Pantai Ora berada di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Kawasan ini dikenal memiliki biota laut yang indah. Terumbu karang atau koral di pantai ini pun beraneka ragam. Warna-warni indahnya berpadu dengan warna-warni ikan yang tinggal di sekitaran koral.

Anda pun dapat melihat ikan berenang di antara koral dari permukaan. Tak perlu snorkeling, apalagi menyelam karena pada tempat tertentu lautnya cukup dangkal dan airnya sangat jernih.

Tak hanya air lautnya yang jernih, Pantai Ora pun dipayungi langit yang begitu biru. Menjelang sore, langitnya berubah menjadi jingga dengan semburat keunguan yang menambahkan kesan romatis. Saat malam, bintang pun bertaburan dan menambah keindahan Pantai Ora.

Lokasinya yang terpencil atau jauh dari keramaian membuat pantai ini sangat cocok untuk mereka yang mencari ketenangan dari hingar bingar kehidupan ibukota. Apalagi bagi para pengantin baru, destinasi ini sangat sempurna untuk berbulan madu.

Di Pantai Ora, Anda akan tinggal di sebuah resort yang berada di atas laut dengan latar Perbukitan Taman Nasional Manusela. Resort ini hanya memiliki 6 buah cottage dan semuanya terbuat dari kayu beratap jerami. Setiap cottagenya pun hanya bisa memuat sampai 3 orang. Anda cukup menyediakan uang antara Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta untuk merasakan sensasi menginap di pantai indah ini.

Jika Anda ingin pergi ke Pantai Ora, Anda harus pergi ke Pelabuhan Tulehu terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan angkutan umum dari Bandara Patimura Ambon, untuk menuju ke sana.

Selanjutnya, Anda tinggal naik kapal cepat menuju Pelabuhan Amahai (Masohi) dengan dengan ongkos Rp 150 ribu untuk VIP dan Rp 92 ribu untuk ekonomi. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Pelabuhan Amahai dari Pelabuhan Tulehu sekitar 2 jam.

Setibanya di Pelabuhan Amahai, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum selama 2 jam untuk menuju Desa Sawai di Kabupaten Maluku Tengah. Untuk menuju Pantai Ora dari Desa Sawai, Anda tinggal menyeberang dengan kapal motor selama 10 menit.

Jika Anda ingin kemudahan, Anda dapat menyewa mobil dari Bandara Pattimura menuju Desa Sawai. Perjalanannya cukup panjang yaitu satu hari satu malam dengan menyusuri Kabupaten Seram bagian barat dan Kabupaten Maluku Tengah.


(win/mer)