Ivan Gunawan Kini Jadi Desainer Sofa

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2015 09:05 WIB
Ivan Gunawan Kini Jadi Desainer Sofa Ivan Gunawan (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ivan Gunawan merupakan salah satu desainer yang rajin mengeluarkan karya-karya terbarunya. Setelah sebelumnya Ivan menggelar peragaan busana pengantin, kali ini Ivan mengeluarkan karya terbarunya lagi. Tapi bukan di bidang fesyen.

Bekerja sama dengan brand furnitur lokal, Rosewood Living, Ivan membuat karya furnitur pertamanya. Keponakan Adjie Notonegoro itu memang sudah menyukai desain interior sejak lama. Bahkan semua ruangan di rumahnya, Ivan yang mendesain. Begitu juga dengan butiknya.

Ia pun bercerita kadang tak jarang ada beberapa rekan dan kerabat meminta jasa Ivan untuk membantu mendekor ruangan. Namun untuk hal ini ia tidak mau dianggap sebagai profesional karena ia hanya belajar lewat rasa semata.


Biasa mendesain baju, kini Ivan mencoba untuk mendesain sofa. Meski mengaku tidak ada tantangan yang berarti, namun Ivan merasakan perbedaan yabg sangat drastis.

"Penjahitnya beda. Pas kemarin bikin dummy ada kerutan sedikit langsung bongkar semua," kata Ivan dalam konferensi pers Rosewood Living di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (8/4).

Permintaan itu pun membuat para pengrajin keberatan. Ternyata mendesain sofa sama sekali berbeda dengan mendesain baju. Mungkin jika tidak puas dengan jahitan di baju bisa dibongkar begitu saja, tapi untuk pengrajin sofa ternyata butuh usaha luar biasa.

"Mereka sampai bilang, 'Mas Ivan, sudah dong'. Saya bilang enggak, saya maunya harus rapi," ujarnya melanjutkan cerita.  

Karya furnitur Ivan yang pertama ini terdiri dari tiga jenis sofa. Ada sofa dengan satu seater, dua seater, dan sofa tiga seater. Ia pun menggunakan tema yang sama dengan rancangan fesyen sebelumnya, yaitu Thalassa yang berarti Mother of Sea.

"Saya membuat sofa three seater yang agak besar. Dari bentuk dan ukurannya gendut-gendut dan gempal seperti saya. Untuk berkumpul lebih enak," katanya sambil bercanda.

Mengangkat tema laut, Ivan pun menggunakan warna-warna laut dan pasir pantai, seperti kehijauan, abu-abu, maupun salem. Sementara untuk tampilannya ia memilih gaya American style.

"Saya suka banget American Style. Desain saya ini femininnya ada, maskulinnya ada," kata Ivan. Untuk bahan ia lebih memilih menggunakan duchess dan velvet karena menurutnya kedua bahan itu banyak digunakan pada sofa.

Selain itu ia juga menambahkan bordir motif kerang seperti yang terdapat pada koleksi busananya yang bertema sama.