Selebriti Dunia Berpenyakit Sama dengan Pepeng 'Jari-jari'

Windratie, CNN Indonesia | Rabu, 06/05/2015 17:08 WIB
Aktris lawas Annette Funicello adalah beberapa selebriti yang mengidap multiple sclerosis. Beberapa orang dengan MS kesulitan berjalan atau berbicara. (Getty Images/ Henry Gris/FPG)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak ada obat bagi multiple sclerosis (MS), penyakit yang melumpuhkan tubuh Ferrasta Soebardi alias Pepeng selama bertahun-tahun sampai akhirnya dia mengembuskan napas terakhir pada hari ini, Rabu (6/5)

Multiple sclerosis, penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang saraf adalah penyakit dengan kondisi yang juga sulit diprediksi. Beberapa orang dengan MS kesulitan berjalan atau berbicara. Sementara, beberapa yang lain memiliki gejala lebih ringan yang bisa kambuh dan mereda.

Tidak peduli siapa orangnya, MS adalah penyakit yang sulit. Sementara, selebriti punya tantangan tambahan, menjaga penampilan publik dan berhadapan dengan para fans. Belum lagi, jadwal dan kondisi kerja penuh tekanan yang memicu MS  kambuh.


Berikut adalah delapan orang yang berbicara tentang bagaimana hidup dengan MS, juga bagaimana mereka mengatasi kondisi tersebut, seperti dilansir laman Health.


HALAMAN :
1 2 3 4 ... 9