Anjuran Asupan Makanan Bagi Pengidap Diabetes yang Berpuasa

Hanna Azarya Samosir | CNN Indonesia
Kamis, 04 Jun 2015 09:48 WIB
Meskipun dengan berbagai risiko mengintai, sekitar lima juta pengidap diabetes tetap memaksa untuk melakukan puasa. Ilustrasi (Thinkstock/Piotr Adamowicz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meskipun dengan berbagai risiko mengintai, sekitar lima juta pengidap diabetes tetap memaksa untuk melakukan puasa. Agar tak terjadi komplikasi penyakit, guru besar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Pradana Soewondo, menganjurkan pola makan selama Ramadan bagi pengidap diabetes.

Di awal penjelasannya, Pradana menekankan bahwa salah satu hal penting bagi pengidap diabetes saat berpuasa adalah selalu memeriksa kadar gula dalam darah.

"Menjelang buka, setelah tarawih, dan saat sahur, selalu periksa kadar gula dengan glukometer. Jangan sampai terlalu tinggi, terutama setelah buka puasa," ujar Pradana dalam konferensi pers di Jakarta.

Kadar gula darah tersebut dapat diatur dengan menjaga asupan makanan. Ada beberapa jenis makanan yang menurut Pradana harus dihindari.

"Jangan terlalu manis, banyak lemak, dan santan. Makanan manis itu membuat gula darah naik dengan cepat, tapi tidak bertahan lama. Itu yang menyebabkan hipoglikemia," ucap Pradana.

Sebaliknya, Pradana menyarankan para pengidap diabetes mengasup makanan banyak serat. "Selain itu, konsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi saat sahur. Karbohidrat kompleks akan lama dicerna dan bertahan lama dalam tubuh," papar Pradana.

Lebih jauh, Pradana menganjurkan agar pasien tidak mengonsumsi buah dalam bentuk jus. "Sama seperti nasi, buah juga lebih lama dicerna dibanding jus yang tidak bertahan lama. Buah membuat gula darah tidak terlalu naik," tutur Pradana.

Salah satu hal krusial yang ditekankan adalah asupan air ke dalam tubuh. Pasalnya, pengidap diabetes sudah memiliki potensi penggumpalan darah.

"Selama puasa, tentu ada dehidrasi dan potensinya bagi penderita diabetes akan lebih tinggi. Komplikasinya bisa menyumbat pembuluh darah hingga stroke," ucapnya.

Selain menjaga pola makan, Pradana menganjurkan pengidap diabetes untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa. "Semua orang memiliki kondisi berbeda. Jangan sampai kita mau ibadah malah mencelakakan diri sendiri," kata Pradana.


(mer/mer)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER