Tujuh Makanan dan Minuman yang Pengaruhi Siklus Menstruasi

Windratie, CNN Indonesia | Rabu, 16/12/2015 10:31 WIB
Tujuh Makanan dan Minuman yang Pengaruhi Siklus Menstruasi Ilustrasi pisang. (Getty images/ tycoon751/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian perempuan mendeskripsikan pengalaman menstruasinya dengan kram, perut kembung, suasana hati yang berubah-ubah. Tambahan lain dari gejala pramenstruasi yang tidak menyenangkan adalah terkurasnya tingkat energi dan tingginya keinginan untuk makan.

Ketika saat tersebut datang, keinginan untuk menyantap makanan tak sehat tampaknya adalah hal yang alami karena hormon yang berfluktuasi. Sebetulnya, pikiran dan tubuh dapat berkomunikasi. Contohnya, ketika Anda mengidam makanan tak sehat maka itu menandakan Anda harus mendapatkan gizi tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menjaga pola makan sehat dapat membantu kestabilan hormon saat kondisinya sedang tak menentu. Menambah makanan sehat ketika mengidam makanan tak sehat bisa mencegah dan mengatasi gejala sindrom pramenstruasi. Sebagai tambahan, menghilangkan makanan dan minuman tertentu dapat mengurangi gejala pramenstruasi. Berikut adalah tujuh makanan yang pengaruhi siklus menstruasi.


Alkohol
Alkohol dapat memicu gejala PMS yang tidak nyaman. Hormon kortisol dapat membangkitkan tekanan darah dan tingkat lemak. Agar hormon kortisol tetap terjaga, Anda harus menjaga jumlah alkohol yang dikonsumsi. Selain itu alkohol, kafein juga merupakan masalah untuk alasan sama, menekan hormon kortisol.

Pisang
Pisang memberikan manfaat ganda untuk siklus menstruasi. Mengonsumsi pisang yang kaya zat magnesium tidak hanya dapat mengurangi retensi atau penahanan cairan selama menstruasi, tapi juga mengatur suasana hati dan meningkatkan hormon serotonin. Ketika ketidakteraturan hormon tubuh memengaruhi pola tidur, pisang dapat mengurangi rasa nyeri dan membantu Anda beristirahat dengan mudah.

Brokoli
Mengonsumsi sayuran tinggi serat seperti brokoli dapat mengurangi perut kembung ketika menstruasi. Karena brokoli tinggi kandungan airnya, tepatnya 91 persen, sayur ini dapat mengurangi gas dan lelah yang dirasakan.

Telur
Sebuah studi menemukan bahwa makanan dengan asupan tinggi kalsium dan vitamin D seperti telur dan produk olahan susu rendah lemak dapat mengurangi gejala PMS.

Quinoa
Quinoa adalah butiran padat nutrisi yang sangat populer bagi pelaku diet yang mementingkan kesehatan. Manfaat quinoa sangat luar biasa. Karbohidrat kompleks ini mengandung zat besi dan vitamin B12 tinggi yang dapat mengatur suasana hati dan meningkatkan level energi.

Salmon
Salmon dan sumber nutrisi lain yang mengandung asam lemak omega tiga dapat meringankan gejala PMS. Studi menemukan, perempuan yang mengonsumsi enam gram minyak ikan setiap hari merasakan nyeri menstruasi yang lebih ringan.

Kedelai mengandung jenis phytoestrogen yang disebut isoflavones. Isoflavones mengikat penerima estrogen di tubuh. Beberapa penelitian tentang kedelai mengungkap bahwa isoflavones dapat mengurangi pengalaman hot flashes dan meningkatkan lubrikasi vagina.

(win/les)